Text
TESIS: Pengaruh Kompetensi Dosen SKI terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah SKI pada Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kompetensi dosen
SKI pada Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar; (2)
Bagaimana prestasi belajar mahasiswa mata kuliah SKI pada Prodi PGMI Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar; (3)Bagaimana pengaruh
kompetensi dosen SKI terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah
SKI pada Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kompetensi dosen SKI pada
Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar; (2) Prestasi
belajar mahasiswa mata kuliah SKI pada Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar; (3) Pengaruh kompetensi dosen SKI terhadap
peningkatan prestasi belajar mahasiswa mata kuliah SKI pada Prodi PGMI Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
angkatan 2010 yang berjumlah 52 orang, sedangkan sampelnya adalah sampel jenuh
dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yaitu
angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah
angket, format dokumentasi, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Teknik
pengolahan data dilakukan mulai dari editing, coding, scoring, tabulasi, dan merekap
data. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan analisis
regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi dosen SKI menurut
responden (mahasiswa) adalah berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 25 orang
responden menyatakan bahwa dosen SKI memiliki kompetensi yang tinggi dengan
persentase 48,1%. Kategori sedang yaitu sebanyak 18 orang responden (mahasiswa)
dengan persentase 34,6%. Sedangkan kategori terendah sebanyak 9 orang responden
(mahasiswa) dengan persentase 17,3%. (2) Prestasi belajar mahasiswa mata kuliah
SKI berada pada kategori tinggi, yaitu sebanyak 40 orang mahasiswa memiliki nilai
mata kuliah SKI yang tinggi dengan persentase 76,9%. Nilai mahasiswa pada
kategori sedang yaitu sebanyak 7 orang dengan persentase 12,3%. Sedangkan nilai
mahasiswa pada kategori rendah yaitu sebanyak 5 orang dengan persentase 10,8%.
(3) Kompetensi dosen SKI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi
belajar mahasiswa mata kuliah SKI pada Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar. Hasil penelitian ini dtunjukkan oleh persamaan
regresi ̂ = 59,74 + 0,40 X, yang berarti dengan adanya peningkatan kompetensi
dosen SKI sebesar satu satuan maka prestasi belajar mahasiswa nilai mata kuliah
SKI akan meningkat sebesar 0,40.Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) Bagi semua dosen khususnya dosen
pada Prodi PGMI perlu peningkatan kompetensi dengan mengikuti kegiatan
pendidikan atau pelatihan seperti seminar, lokakarya, workshop peningkatan
kompetensi dosen, short course dan sebagainya. (2) Upaya peningkatan kompetensi
dosen juga menjadi tanggung jawab bersama semua stakeholder pendidikan,
termasuk perguruan tinggi dalam hal ini UIN Alauddin Makassar. Untuk itu
diharapkan agar perguruan tinggi memberikan perhatian kepada dosen dan
mendukung peningkatan kompetensi dosen dengan cara menyediakan fasilitas
pendidikan dan pelatihan bagi dosen, serta menyediakan sarana dan prasarana
pembelajaran yang memadai. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi
dosen SKI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa
mata kuliah SKI pada Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin
Makassar. Maka disarankan untuk terus mengadakan penelitian yang berkaitan
dengan pengaruh kompetensi dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Tidak tersedia versi lain