Text
TESIS: Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai Upaya Guru dalam Menciptakan Siswa Aktif di MI 2 Bajoe Kabupaten Bone
Tujuan penelitian tesis ini untuk mengetahui implementasi manajemen
pembelajaran PAI di MI 2 Bajoe Kabupaten Bone, untuk mengetahui dan
mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen
pembelajaran PAI di MI 2 Bajoe Kabupaten Bone, untuk menganalisis dan
merumuskan upaya solutif mengatasi faktor penghambat pengimplementasian
manajemen pembelajaran PAI dalam menciptakan siswa aktif di MI 2 Bajoe
Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena penelitian ini
menggambarkan apa adanya sesuai apa yang terjadi di lapangan/lokasi penelitian.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan teologis normatif,
pedagogis, manajerial, psikologis dan filosofis. Sumber data dalam penelitian ini
ada dua yaitu sumber data primer yaitu kepala madrasah, 3 guru Pendidikan Agama
Islam, 6 wali kelas, 6 peserta didik dan sumber data sekunder yaitu dalam bentuk
dokumen seperti buku referensi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Teknik pengolahan data
dilakukan mulai dari data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan
conclusion drawing/verification penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di MI No. 2 Bajoe Kabupaten Bone dimulai dengan perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta penilaian pembelajaran. Dalam
perencanaan pembelajaran PAI di MI 2 Bajoe Kabupaten Bone sudah cukup baik secara
administratif, tetapi dalam proses pelaksanaannya terkadang tidak sesuai dengan
perencanaan. 2) Adapun faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI No. 2 Bajoe Kabupaten Bone adalah: a)
Faktor pendukung dalam implementasi manajemen pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di MI No. 2 Bajoe Kabupaten Bone dari guru, sarana dan prasarana, seperti
kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, kemampuan guru dalam
membuat alat peraga serta menggunakan media pembelajaran teknologi dan sikap
serta perilaku guru. b) Faktor penghambat dalam implementasi manajemen
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI No. 2 Bajoe Kabupaten Bone berasal dari
guru dan siswa. Faktor penghambat guru seperti latar belakang guru, pengalaman
mengajar guru dan kurangnya metode pembelajaran yang dikuasai guru. Sedangkan
faktor penghambat dari siswa seperti, kurangnya minat belajar siswa, kemampuanberbahasa siswa dalam berkomunikasi masih di bawah rata-rata dan sebagian siswa
belum lancar membaca dan menulis huruf al-Qur’an. 3) Upaya solutif yang ditempuh
untuk mengatasi faktor penghambat implementasi manajemen pembelajaran PAI di
MI No. 2 Bajoe, dari pihak sekolah dalam meningkatkan mutu profesionalisme guru
dengan memberikan pelatihan metodologi pembelajaran PAIKEM, pelatihan
pembuatan alat peraga sederhana, pelatihan komputer, dan lesson study.
Sedangakan upaya yang dilakukan terhadap siswa yaitu dengan terus menerus
memberikan motivasi kepada siswa, menggunakan komunikasi bahasa ibu dalam
proses pembelajaran dan memasukkan mata pelajaran muatan lokal yaitu BTHQ
untuk membantu siswa yang belum lancar membaca dan menulis huruf al-Qur’an.
Adapun implikasi penelitian ini hendaknya pihak sekolah memberikan
pelatihan yang lebih mendalam berkenaan dengan teori dan konsep manajemen
pembelajaran serta aplikasinya di lingkungan madrasah, pihak madrasah hendaknya
memfasilitasi dan bekerja sama dengan madrasah sekitarnya untuk membentuk (KKG)
mata pelajaran PAI (al-Qur’an Hadis, akidah akhlak, sejarah kebudayaan Islam dan
Fikih), pihak sekolah sebagai penyelenggara pembelajaran pendidikan agama Islam
hendaknya meningkatkan kerja sama dengan orang tua tentang bagaimana menanamkan
nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan seharihari dan mengoptimalkan kegiatan
ekstrakurikuler PAI yang lebih variatif sehingga para siswa dapat terpenuhi
keinginannya untuk mengpresiasikan bakat dan minatnya dalam bidang agama.
Tidak tersedia versi lain