Text
TESIS: Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di MTs Negeri Sinjai Utara Kabupaten Sinjai
Penelitian ini mengkaji tentang Efektivitas pengelolaan pembelajaran dalam
meningkatkan prestasi peserta didik di MTs Negeri Sinjai Utara dengan tujuan
untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran, pelaksanaan pengelolaan pembelajaran
dalam meningkatkan prestasi peserta didik, faktor pendukung dan penghambat
pengelolaan pembelajaran di MTs Negeri Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, serta
solusinya.
Penelitian tesis ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Menggunakan pendekatan pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Sumber data yang
digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang
digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk
mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa: Pertama, pengelolaan pembelajaran
telah berjalan dengan baik meliputi: perencanaan program pembelajaran dengan
tersusun program pembelajaran yang sistematis; Pelaksanaan pembelajaran dengan
terlaksananya proses pembelajaran; Evaluasi pembelajaran, terlaksananya evaluasi
setelah proses pembelajaran. Kedua, pelaksanaan pengelolaan pembelajaran dalam
meningkatkan prestasi peserta didik, meliputi: kemampuan guru menyusun rencana
program pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran (membuka dan menutup
pembelajaran) dan melaksanakan kegiatan evaluasi untuk mengukur peningkatan
prestasi peserta didik. Ketiga, faktor pendukung pengelolaan pembelajaran
tersedianya sarana dan prasarana, dan sumber belajar. Faktor penghambat: kesulitan
guru merumuskan indikator, dan nara sumber terbatas; Pelaksanaan pembelajaran:
alokasi waktu kurang, media pembelajaran terbatas, motivasi belajar dari keluarga
peserta didik kurang dan IQ rendah; Evaluasi pembelajaran: peserta didik kurang
siap, dan materi yang diujikan banyak. Keempat, solusi hambatan perencanaan
program pembelajaran: melaksanakan pelatihan dan pembinaan bagi guru serta
memberdayakan forum MGMP; Pelaksanaan pembelajaran: menyajikan materi
pelajaran sesuai alokasi waktu, pengadaan media, meningkatkan motivasi belajar,
dan pemberian les; aspek evaluasi pembelajaran: menyiapkan peserta didik
mengikuti evaluasi, menjawab soal-soal, dan membuat rangkuman materi.
Implikasi penelitian diharapkan: pengelolaan pembelajaran dilakasanakan
dengan baik, menghasilkan rencana program, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
yang efektif. Mengopitamalkan kompetensi dalam mengelolaan pembelajaran
sehingga prestasi peserta didik meningkat. Adanya faktor pendukung dari pengelola
lembaga dalam memperlancar proses pembelajaran, sebaliknya dapat meminimalisir
kendala yang dihadapi dan memberikan solusi yang tepat
Tidak tersedia versi lain