Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: Partisipasi stakeholder Terhadap Penyelengaraan Pendidikan Islam
(Studi Pesrpektif Peningkatan Mutu Madrasah Al-Husainy Kota
Bima)
Penanda Bagikan

Text

TESIS: Partisipasi stakeholder Terhadap Penyelengaraan Pendidikan Islam (Studi Pesrpektif Peningkatan Mutu Madrasah Al-Husainy Kota Bima)

ILHAM - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang partisipasi stakeholder dalam upaya peningkatan
mutu madrasah Al-Husainy Kota Bima. Penelitian ini bertujuan untuk 1)
Mendeskripsikan Wujud Partisipasi stakeholder Terhadap Pengadaan Fasilitas Sarana
dan prasarana Pendidikan Pada Madrasah Al-Husainy, 2) Mengetahui Bentuk-betuk
Partisipasi stakeholder Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Madrasah AlHusainy, 3) Mengetahui Hambatan dan Upaya stakeholder Terhadap Peningkatan
mutu Madrasah Al-Husainy
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, namun juga dibarengi
dengan analisis kuantitatif. Obyek penelitian berkembang apa adanya sesuai dengan
realitasnya, tidak dimanipulasi dan kehadiran peneliti tidak mempengaruhi obyek
penelitian. Adapun pendekatan yang digunakan adalah fenomenologis, sosiologis,
dan pedagogis. Adapun yang menjadi sumber data adalah semua unsur stakeholder
yakni Pemerintah Kota Bima (Kepala Kantor Departemen Agama Kota Bima), Camat
Mpunda, Ketua Yayasan Penyelenggara Madrasah Al-Husainy, masing-masing
Kepala MI, MTs, MA Al-Husainy, Ketua Komite Madrasah, Dewan Pendidikan, 5
orang dari Dewan Guru dan Tokoh Masyarakat yang dianggap berkompeten dalam
pembinaan madrasah Al-Husainy serta masyarakat yang di sekitar madrasah, baik
yang memasukkan anaknya maupun tidak sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) wujud partisipasi stakeholder
dilakukan dengan cara inbal swadaya, berupa kebijaksanaan dari pemerintah berupa
bantuan dana pendidikan dan perencanaan program pendidikan yang dilakukan
bersama dengan para pengurus yayasan serta partisipasi stakeholder lainnya cukup
positif. Sumbangan pendidikan tersebut mampu menghasilkan fasilitas sarana dan
prasaran yang cukup memadai antara lain: penambahan gedung kegiatan belajar
mengajar, pengadaan gedung perpustakaan dan komputer. Sedangkan Bantuan berupa
non material yakni stakeholder sebagai perencana program pendidikan pada
madrasah sehingga madrasah Al-Husainy menghasilkan kelulusan yang cukup
maksimal. 2) Bentuk-bentuk partisipasi stakeholder yang tampak dalam
ide/gagasan, tenaga dan dukungan dana menjadi poin penting dalam perumusan
tujuan pendidikan madrasah serta penambahan buku-buku perpustakaan, alat-alat
laboratorium sehingga penyelenggaraan madrasah Al-Husainy keberadaannya masih
dipercaya oleh masyarakat. 3) Menjadi suatu yang lumrah pada setiap
penyelenggaraan pendidikan mengalami berbagai hambatan disamping adanya upaya
yang akan dilakukan. Faktor penghambat partisipasi stakeholder dalam upayav
peningkatan mutu madrasah yakni masih terbatasnya keuangan madrasah serta masih
terbatasnya komunikasi antar sebagian stakeholder dalam penyelenggaraan
pendidikan madrasah sehingga dalam pengadaan fasilitas dan sarana pendidikan
masih terbatas serta berbagai program madrasah yang tidak bisa secara efektif. Untuk
menepis hambatan tersebut upaya yang dilakukan stakeholder disamping
mempertahankan program yang ada juga memaksimalkan komunikasi antar para
stakeholder dengan demikian permasalahan madrasah dapat teratasi.
Penulis berharap hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang
berfungsi sebagai acuan dalam pengembangan madrasah ke depan. Sekaligus juga
sebagai bahan informasi bagi peneliti-peneliti selanjutnya. Begitu pula kepada pihak
pemerintah terutama Departemen Agama. Dalam usaha pengembangan madrasah,
mau tidak mau pihak madrasah mesti menjalin hubungan yang harmonis dengan
masyarakat disekitarnya. Hal ini penting karena dengan keterlibatan para stakeholder
bisa memelihara kelangsungan hidup madrasah, meningkatkan mutu pendidikan
madrasah, memperlancar kegiatan pembalajaran kurikuler dan ekstra kurikuler
madrasah, serta memperoleh bantuan dan dukungan dari berbagai pihak dalam rangka
pengembangan dan pelaksanaan program-program madrasah.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
VXVXB
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN DAN KEGURUAN., 2009
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?