Text
TESIS: Implementasi Metode Pendidikan Agama Islam dan Problematikanya di SMP Negeri 2 Sendana Kabupaten Majene.
Tesis ini adalah studi tentang Implementasi Metode Pendidikan Agama
Islam dan Problematikanya di SMP Negeri 2 Sendana Kabupaten Majene.
Pembahasan ini mengungkapkan (1). bagaimana Implementasi Metode
Pendidikan Agama Islam terhadap Peserta Didik di SMP Negeri 2 Sendana
Kabupaten Majene serta (2). bagaimana Pengaruh Metode Pendidikan Agama
Islam terhadap tujuan pencapaian pembelajaran di SMP Negeri 2 Sendana
Kabupaten Majene
Untuk mengurai permasalahan di atas, penulis menggunakan
pendekatan multidisipliner di antaranya adalah pendekatan paedagogik,
teologis-normatif, psikologis, historis, dan beberapa pendekatan lainnya.
Tujuannya adalah untuk melihat secara utuh peran yang dimainkan oleh guru
dalam membentuk moralitas peserta didik. Dalam mengumpulkan data,
penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian
lapangan (field research). Cara kerjanya yaitu penulis melakukan studi
literatur yang berhubungan dengan topik kajian serta melakukan wawancara
lepas dari beberapa informan. Pada tahapan berikutnya, data yang terkumpul
dianalisa dengan menggunakan metode content analysis untuk merumuskan
kesimpulan.
Dari penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa Implikasi Metode
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sendana Kabupaten Majene telah
dilaksanakan dengan melalui dua pendekatan secara formal dan pendekatan
secara non formal dilaksanakan dengan sistem klasikal. Pengaruh
Implementasi Metode Pendidikan Agama Islam terhadap anak didik di SMP
Negeri 2 Sendana Kabupaten Majene adalah dapat meningkatkan kepribadian
anak didik. Utamanya latihan keagamaan sehingga dapat menentukan akhlak
yang baik dan terpuji, agar mendapatkan keridhaan dari Allah Swt. secara non
formal yaitu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Implikasi penelitian ini diharapkan bagi Kepala Sekolah agar
melakukan pengawasan, bimbingan, dan pengarahan kepada guru dalamxi
mengimplementasikan metode pendidikan agama Islam dalam proses
pembelajaran. Di samping itu, bagi personil guru agar mengintropeksi diri
terhadap penggunaan metode mengajar yang digunakan karena tanpa
penggunaan metode mengajar yang baik akan berimplikasi pada kurangnya
minat dan semangat siswa dalam mengikuti setiap proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain