Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Membentuk Akhlak Mulia Peserta Didik Pada SMP Negeri 1
Pacarijang Kabupaten Sidenreng Rappang
Penanda Bagikan

Text

TESIS: Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia Peserta Didik Pada SMP Negeri 1 Pacarijang Kabupaten Sidenreng Rappang

Muliyanto - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran apa saja yang
dilakukan oleh guru PAI dalam membentuk akhlak mulia peserta didik pada SMP Negeri 1
Pancarijang Sidenreng Rappang, untuk mengetahui faktor pendukungt dan penghambat
serta langkah-langkah atau solusi dalam mengatasi faktor penghambat agar dalam
peningkatan strategi pembelajaran kedepan dapat mengalami peningkatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif
dengan cara melakukan pengamatan atau observasi, interviu (wawancara) maupun
dukumentasi kemudian dilakukan analisis data melalui reduksi, penyajian data dan
verifikasi data.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa stragi pembelajaran
yang digunakan oleh guru PAI dalam membentuk akhlak mulia peserta didik pada SMP
Negeri 1 Pancarijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Diantaranya strategi pembelajaran
ekspositori, inquiry, kooperatif (kerja kelompok), praktik dan kerja sama serta metode
diskusi, metode Tanya jawab, metode demonstrasi dan penugasan dengan memperhatikan
faktor pendukung dalam membentuk akhlak mulia dengan memerhatikan faktor
internalnya yaitu minat peserta didik pada mata pelajaran agama dan faktor eksternalnya
yaitu kurikulum, sarana dan prasarana serta pengawasan yang baik dilakukan oleh orang tua
peserta didik. Faktor penghambat dilihat dari faktor internalnya yaitu pembawaan yang
dimiliki oleh peserta didik yang di bawah kesekolah untuk memengaruhi teman-temannya
di sekolah. Faktor eksternalnya yaitu masih terdapatnya guru menggunakan strategi
pembelajaran yang bersifat monoton, alokasi waktu pembelajaran pada mata pelajaran
agama hanya dua jam tatap muka dalam satu minggu, kurangnya kebersamaan para guru
dalam pengawasan shalat berjamaah, minimnya pengawasan orang tua peserta didik di
rumah, pengaruh lingkungan masyarakat yang ada disekitarnya, maraknya pengaruh orang
asing, serta pengaruh media cetak, internet, TV dan lain-lain. Langkah-langkah yang
dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat dilihat dari faktor internalnya yaitu guru
agama sebaiknya melakukan pembinaan-pembinaan mental yang lebih baik lagi dengan cara
melakukan kegiatan ekstrakurikuler misalnya melakukan trainin dakwah, pesantren kilat.
Peningkatan mutu guru dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan melalui kualifikasi guru,
pelatihan kelompok kerja guru dan lain-lain. Faktor eksternalnya yaitu peranan orang tua
sangat dibutuhkan dalam melakukan pengawasan yang baik terhadap anak-anaknya baik di
rumah maupun dilingkungan sekitar. Kebersamaan para guru dalam pendampingan shalat
berjamaah, dukungan masyarakat sekitar dan pemerintah setempat terutama pihak
keamanan untuk menghindari peserta didik dalam penyalah gunaan narkotika.
Implikasi penelitian yaitu guru sebaiknya melakukan berbagai strategi pembelajaran
yang baik dengan memperhatikan faktor pendukung dan yang menghambat serta
memberikan solusi yang terbaik agar dalam proses pembelajaran kedepan dapat meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian di atas didapatkan bahwa strategi pembelajaran dalam
membentuk akhlak mulia di SMP Negeri 1 Pancarijang masih kurang maksimal dan masih
perluh ditingkatkan melalui Kelompok Kerja Guru ( KKG), workshop, pelatihan-pelatihan dan
lain-lain.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
CV
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN ISLAM., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?