Text
TESIS: Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 2 Dolo Kecmatan Dolo Kabupaten Sigi
Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di SMP
Negeri 2 Dolo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui: a) pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Dolo
Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. b) Instrumental input pembelajaran PAI di SMP
Negeri 2 Dolo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. c) Enviromental input pembelajaran
PAI di SMP Negeri 2 Dolo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. d) Hasil belajar
pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Dolo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Maka
metode yang digunakan melalui penelitian lapangan (field research) dan wawancara
dengan sejumlah narasumber, observasi. Data yang terkumpul diperiksa
keabsahannya dengan pengecekan kredibilitas. Pelaksanaan pengecekan kredibilitas
data menggunakan triangulasi, pengecekan dan observasi. Setelah dilakukan
pemeriksaan keabsahannya, data tersebut kemudian dianalisis dengan secara reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, manajemen
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Dolo Kecamatan Dolo
Kabupaten Sigi, sudah berjalan sebagaimana mestinya. Kedua, instrumen input turut
memberikan andil dalam keberhasilan pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Dolo
Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, hal ini nampak pada penggunaan metode
pembelajaran yang variatif, kurikulum yang diterapkan dalam PAI kompetensi guru
PAI di SMP Negeri 2 Dolo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi sudah sangat memadai
dari segi profesional dan personal, sarana prasarana pembelajaran PAI cukup
memadai, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang cukup intensif dan berkualitas.
Ketiga, enviromental input mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran PAI,
yakni: lingkungan sekolah, latar belakang keluarga siswa yang cukup berpendidikan
serta pendidikan keluarga yang sangat kondusif dalam penciptaan suasana religius,
lingkungan masyarakat yang santun, ramah dan pemberdayaan potensi masyarakat
oleh sekolah, membuat SMP Negeri 2 Dolo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi
menjadi selalu terdepan dalam hal sikap dan kualitas.
Implikasi dari penelitian ini, disarankan agar penilaian kognitif pembelajaran
PAI perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Model pembelajaran yang afektif, kultur
sekolah, Keteladanan positif spiritualistik dari guru PAI terbangun selama ini dalam
lingkungan SMP Negeri 2 Dolo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, sedapat mungkin
dipertahankan serta dikembangkan, dan pihak sekolah perlu mengusahakan
penambahan media pembelajaran baik dari segi kualitas dan kuantitas.
Tidak tersedia versi lain