Text
TESIS: PERANAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SDN 001 POLEWALI KABUPATEN POLMAN )
Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran kegiatan Taman Pendidikan
Al-Qur’an yang ada di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar dan proses
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN No. 001 Polewali serta bentuk
peranan dan pengaruh Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam rangka meningkatkan
prestasi belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam pada
peserta didik SDN 001 Polewali Kabupaten Polewali Mandar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan lokasi penelitiannya di
tiga TPA serta fokus di SDN 001 Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan
penelitian ini adalah pedagogis, psikologis, dan sosiologis dengan sumber data
Kepala Sekolah, guru PAI, dan sejumlah Pembina TPA. Metode pengumpulan data
adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sementara teknik pengolahan
dan analisis data diawali dengan penyajian data kemudian direduksi dan disimpulkan
serta diverifikasi. Untuk menguji keabsahan data yang ada digunakan teknik
triangulasi dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas TPA yang ada di Kecamatan
Polewali berlangsung sebagaimana kurikulum yang ada pada lembaga tersebut; yaitu
merealisasikan paket A dan B. Adapun prestasi belajar Pendidikan Agama Islam
peserta didik SDN No. 001 Polewali yang alumni santri Taman Pendidikan AlQur’an menunjukkan berprestasi dibuktikan dengan raihan nilai kognitif, afektif, dan
psikomotor rata-rata baik. Sementara efektivitas pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN No.001 Polewali ada faktor penghambat
antara lain banyaknya jumlah peserta didik dalam satu rombongan belajar, belum
maksimalnya perhatian pihak sekolah sedangkan faktor pendukungnya adalah
semangat guru yang tinggi, beragamnya metode mengajar serta praktik sistem tutor
sebaya. Adapun bentuk peranan TPA dalam meningkatkan prestasi belajar peserta
didik terhadap bidang studi Pendidikan Agama Islam yaitu adanya aksentuasi
pembelajaran praktik, mampu memacu aktualisasi diri, mengutamakan aspek afektif
dan psikomotor, serta dapat mengakselerasi materi pembelajaran Pendidikan Agamav
Islam (PAI) di sekolah secara khusus di SDN No. 001 Polewali serta representasi
kegiatan PAIS.
Bagi pendidik PAI yang ada di SDN 001 Polewali, direkomendasikan untuk
meningkatkan prestasi belajar PAI peserta didik dengan mendorong peserta didik
agar dapat mengikuti dan menjadi santri kegiatan yang ada pada Taman Pendidikan
Al-Qur’an. Dan terhadap guru dan segenap pembina TPA agar memaksimalkan
pembelajaran dan praktiknya terhadap peserta didik agar kehadiran TPA lebih nyata
memberi andil signifikan bagi pembelajaran PAI di sekolah.
Tidak tersedia versi lain