Text
TESIS: Implementasi profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Akhlak Mulia Peserta Didik di SMP Islam Al-Azhar Makassar
Tesis ini membahas implementasi profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam
menanamkan Akhlak Mulia Peserta didik di SMP Islam Al-Azhar Makassar. Fokus atau
permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam
di SMP Islam Al-Azhar Makassar, Bagaiman upaya-upaya dalam penanaman akhlak Mulia peserta
didik SMP Islam Al-Azhar Makassar dan Bagaimana faktor pendukung, penghambat dalam
penanaman akhlak mulia peserta didik SMP Islam Al-Azhar Makassar. Tujuan penelitian yaitu untuk
mengungkapkan profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Azhar Makassar,
untuk mengungkapkan upaya-upaya penanaman akhlak mulia peserta didik di SMP Islam Al-Azhar
Makassar dan untuk mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat beserta solusinya dalam
menanamkan akhlak mulia peserta didik di SMP Islam Al-Azhar Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan memakai pendekatan pedagogis, psikologis
dan filosofis. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu; data primer, yang diperoleh
langsung dari guru PAI, kepala sekolah dan pihak-pihak yang berkompeten sebagai kontributor
dalam penelitian ini. Adapun data sekundernya yaitu peneliti peroleh dari telaah literatur-literatur
yang terkait dengan obyek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari ketiga pengupulan data tersebut, diolah dengan
mengunakan analisis deduktif, induktif dan komparatif.
Setelah mengadakan analisis terhadap data yang diperoleh di lapangan, hasil penelitian
menunjukan bahwa profesionalisme guru PAI di SMP Islam Al-Azhar Makassar telah memadaih,
sekalipun masih ada sebagian guru PAI yang mengajar tidak sesuai dengan jurusannya. Dari empat
orang guru PAI yang diteliti, hanya dua orang yang mengajar sesuai dengan bidangnya dan
sementara dua orang, mengajar mata pelajaran agama tidak sesuai bidangnya. Profesionalisme guru
PAI ditunjukan dengan memililiki kualifikasi akademik S I jurusan pendidikan agama Islam,
mengembangkan keprofesionalan dengan ikut pelatihan, worskshop, seminar, memahami landasan
pendidikan, membuat perencanaan dengan membuat silabus dan RPP, menguasai standar kompetensi
(SK) dan kompetensi dasar (KD), mengelola kelas, melakukan evaluasi dan memahami kode etik
profesi. Adapun kelemahan masih ada sebagian guru PAI belum maksimal menggunakan media
pembelajaran, belum maksimal menggunakan teknologi dan belum maksimal dalam kepemimpinan.
Upaya penanaman akhlak dilakukan dengan sistem yang integrated melalui kegiatan intrakurikuler
dan ekstrakurikuler, keteladanan, pembiasaan dan bimbingan konseling. Faktor pendukung yaitu
dukungan kepala sekolah dan guru, ekstrakurikuler, dan sarana prasarana. Faktor penghambat
internal dan eksternal. Solusi yang dilakukan adalah mensosialisasikan penanaman akhlak mulia
kepada orang tua/wali peserta didik, memberi kesempatan guru PAI untuk belajar teknologi.
Implikasi dalam penelitian ini adalah 1) Guru PAI di SMP Islam Al-Azhar Makassar agar
lebih meningkatkan profesioanlime atau pengajar materi agama yang sesuai dengan bidangnya dan
banyak membaca dan mengenali situasi lingkungan sekitar, mengembangkan metode pembelajaran,
menguasai media teknologi dan meningkatkan kepemimpinan 2) upaya-upaya yang telah dilakukan
guru PAI dalam menanamkan akhlak mulia peserta didik layak untuk senatiasa dipertahankan dan
dikembangkan 3) kendala yang dihadapi dalam upaya penanaman akhlak mulia peserta didik harus
senantiasa diminimalisir dengan selalu mengevaluasinya, meningkatkan fasililitas pembelajaran,
menjalin kerjasama dan komunikasi yang aktif antara guru, orang tua wali peserta didik dan
masyarakat setempat.
Tidak tersedia versi lain