Text
TESIS: Peranan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Alkhairaat Siniu Kabupaten Parigi Moutong
Tesis ini membahas “Peranan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam
Meningkatkan Kinerja Guru pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Alkhairaat
Siniu Kabupaten Parigi Moutong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana gambaran Peranan Kepemimpinan Kepala MIS Alkhairaat Siniu
Kabupaten Parigi Moutong dalam meningkatkan kinerja guru, Gambaran kinerja
guru di MIS Alkhairaat Siniu Kabupaten Parigi Moutong serta Apa yang menjadi
kendala dan solusi untuk meningkatkan kinerja Guru di MIS Alkhairaat Siniu
Kabupaten Parigi Moutong.
Peneliti mengambil lokasi di Kecamatan Siniu Kabupaten Parigi Moutong
Provinsi Sulawesi Tengah dengan teknik pengumpulan data riset lapangan dengan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan sosio-historis,yuridis, dan manajemen. Adapun sumber data dipilih secara
purposive dan bersifat snowball sampling. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis
dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta pengujian keabsahan data.
Hasil penelitian ini adalah menunjukkan Bahwa Peranan Kepemimpinan
Kepala MIS Alkhairaat Siniu adalah sebagai pimpinan serta pengayom untuk
meningkatkan kinerja guru, disamping sebagai tenaga pendidik, pengajar,
pembimbing, pemikir juga sebagai pengarah. Hal ini sebagai uapaya untuk
senantiasa selalu meningkatkan kinerja guru-guru/tenaga kependidikan yang
profesional sehingga mampu melahirkan pengajaran yang bermutu. Adapun
gambaran kinerja guru di MIS Alkhairaat Siniu Kabupaten Parigi Moutong dalam
kegiatan proses belajar mengajar maupun kehadiran di luar kegiatan proses belajar
mengajar sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat pada dengan pemberian reward
(penghargaan) kepada guru melalui peningkatan kesejahteraan guru dan pegawai di
madrasah, mengikut sertakan guru pada kegiatan pelatihan dan penataran dan
kendala untuk meningkatkan kinerja guru MIS Alkhairaat Siniu yaitu rendahnya
kemampuan guru dalam mengelola berbagai permasalahan yang terjadi di MIS
Alkhairaat Siniu diantaranya; kurangnya pengawasan orang tua terhadap siswa
sedangkan solusi yang ditawarkan yaitu seorang kepala madrasah sebagai pimpinan.
Sedangkan solusinya yaitu kepala sekolah melakukan pengawasan terhadap seluruh
guru dengan melakukan evaluasi pada kinerja guru
Implikasi dari penelitian ini adalah Kepala sekolah sebagai pimpinan
sebenarnya sudah dapat membimbing, dan mendorong para guru untuk
mengembangkan yang mereka miliki dalam mengajar, akan tetapi hendaknya kepala
sekolah lebih dapat membimbing, mendorong serta melakukan pengawasan terhadap
kinerja para guru, untuk selalu mengembangkan kemampuan mengajar secara
maksimal.
Tidak tersedia versi lain