Text
TESIS: Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Peserta Didik Lulusan SD di MTs Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo Kabupaten Sigi
Tesis ini mengkaji tentang problematika pembelajaran bahasa Arab bagi
peserta didik lulusan SD di MTs Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo Kabupaten Sigi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, problematika dan usaha
yang dilakukan untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran bahasa Arab bagi
peserta didik lulusan SD di MTs Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo. Adapun masalah
yang diteliti adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahas Arab bagi
peserta didik lulusan SD di MTs Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo. 2) Problematika
apa yang dialami oleh peserta didik lulusan SDdalam pembelajaran bahasa Arab. 3)
Usaha apa yang dilakukan oleh guru bahasa Arab untuk mengatasi problem yang
ada.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian lapangan ini adalah pendekatan
fenomenologis, sosiologis, pedagogis dan linguistik. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang penulis gunakan
dalam teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, angket, dan
dokumentasi. Data yang dikumpulkan diperdalam dengan menggunakan analisis
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan pembelajaran
bahasa Arab bagi peserta didik lulusan SD dilaksanakan dengan mengacu pada;
tujuan pembelajaran, kurikulum, guru, peserta didik (siswa), dan metode. Kedua
Problematika yang dialami oleh peserta didik lulusan SDdalam pembelajaran bahasa
Arab ada dua yaitu problem linguistik dan non linguistik, Ketiga Usaha yang
dilakukan oleh guru bahasa Arab untuk mengatasi problem adalah; memberikan
materi tambahan qira’ah kepada siswa satu jam dalam seminggu, memberikan
materi yang kontekstual, memberikan tugas yang dikerjakan dirumah dan
membentuk kelompok belajar siswa, memberikan kesempatan yang sebanyakbanyaknya kepada siswa untuk bertanya baik mengenai bacaan, terjemah, qawaid
dan menambah wawasan mengenai tata bahasa Arab, berusaha melengkapi sarana
dan prasarana atau media pembelajaran, mengadakan lomba pidato menggunakan
bahasa Arab, dan mengaktifkan mata pelajaran tambahan Iqra’ guna memperlancar
bacaan siswa yang dilaksanakan satu jam dalam seminggu dengan dua
pembimbing dalam setiap kelasnya.
Implikasi dari penelitian ini hendaknya dalam pelaksanaan pembelajaran,
selalu mengembangkan kreatifitas variasi. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan
stimulant bagi peserta didik agar lebih bersemangat dalam proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain