Text
TESIS: Manajemen Berbasis Madrasah (Studi tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palopo)
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui tentang proses pelaksanaan
Manajemen Berbasis Madrasah di MTs Negeri Model Palopo, 2) Mengetahui faktorfaktor penunjang dan penghambat kepemimpinan kepala MTs Negeri Model Palopo
dalam menerapkan MBM, 3) Mengetahui hasil proses pelaksanaan Manajemen
Berbasis Madrasah melalui kepemimpinan kepala MTs Negeri Model Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti mengambil lokasi
penelitian di MTs Negeri Model Palopo dengan teknik pengumpulan data yaitu riset
kepustakaan dan riset lapangan yang terdiri dari: observasi, wawancara,
dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pedagogis, manajerial, religius,dan
sosiologis. Sumber data yaitu primer dan sekunder. Instrumen penelitian adalah
peneliti sendiri untuk mendapatkan fokus penelitian dan instrumen pendukung
adalah pedoman wawancara.
Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa pelaksanaan MBM di MTs
Negeri Model Palopo sudah berjalan sesuai dengan fungsi manajemen melalui
kepemimpinan kepala madrasah dengan pihak guru serta warga madrasah, walaupun
masih ada kekurangan. Kepemimpinan kepala MTs Negeri Model Palopo senantiasa
mengedepankan musyawarah dan konsultasi dengan komponen yang ada di
madrasah. Dalam pelaksanaan MBM pada MTs Negeri Model Palopo, kepala
madrasah sebagai figur kunci dalam mendorong perkembangan dan kemajuan
madrasah. Kepala madrasah senantiasa melakukan pengawasan dan evaluasi dalam
rangka melihat sejauh mana keberhasilan MBM. Faktor pendukung pelaksanaan
MBM di MTs Negeri Model Palopo adalah potensi dan kemampuan kepala
madrasah, sumber daya manusia yang profesional, dukungan sarana dan prasarana
yang cukup memadai, adanya sikap gotong royong, serta adanya iklim organisasi
yang baik. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan MBM adalah masih
kurangnya partisipasi masyarakat, masih adanya guru atau staf kurang serius dalam
melaksanakan tugas, penggunaan sarana yang tidak tepat, serta masih ada siswa
yang kurang taat pada aturan-aturan madrasah.
Implikasi dari penelitian ini adalah: kepala madrasah diharapkan kiranya
mempertahankan kerjasama yang telah dibangun dalam menjalankan roda
kepemimpinan, mengelola madrasah dengan menerapkan MBM untuk mengantarkan
madrasah yang unggul dan berkualitas demi tercapainya tujuan pendidikan.
Selanjutnya diharapkan kepada kepala madrasah supaya selalu tetap terbuka kepada
bawahan, menghargai serta menerima segala kritik dan saran sehingga menunjang
program-program unggulan di madrasah.
Tidak tersedia versi lain