Text
TESIS: Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia Peserta Didik SMP Negeri 2 Bua Kabupaten Luwu
Berdasarkan fakta empiris adanya kesenjangan antara dassolen dan dassein
tentang proses implementasi pendidikan karakter dalam kaitannya dengan
pembentukan akhlak mulia peserta didik SMP Negeri 2 Bua, maka dirumuskan
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses implementasi pendidikan
karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam membentuk akhlak mulia
peserta didik SMP Negeri 2 Bua Kabupaten Luwu, (2) Faktor pendukung dan
hambatan proses implementasi pendidikan karakter membentuk akhlak mulia
peserta didik SMP Negeri 2 Bua Kabupaten luwu, (3) Hasil implementasi
pendidikan karakter membentuk akhlak mulia peserta didik SMP Negeri 2 Bua
Kabupaten Luwu.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
bercorak deskriptif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan pedagogis,
psikologis, manajemen, dan teologis normatif. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah Interview guide (pedoman wawancara), Pedoman Pengamatan (observation),
Buku dokumentasi. Metode Pengumpulan data digunakan sumber kepustakaan
(library research), wawancara (interview), observasi, dokumentasi. Sumber data
terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengolahan dan analisis data penulis
terlibat langsung dalam mengamati, mencatat, dan menganalisis fenomena yang ada
di lokasi penelitian, triangulasi data, analisis, dan penyimpulan data. Pengujian
keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan
dalam penelitian, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif,
dan membercheck
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses implementasi pendidikan
karakter melalui nilai al-Quran, aqidah, syari\’ah, akhlak yang menghasilkan
keterpaduan olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga membentuk akhlak mulia
yaitu jujur, bertanggung jawab, cerdas, bersih, sehat, peduli, dan kreatif. (2) faktor
pendukung; peserta didik, musalla, buku, kualitas pendidik, orang tua. Faktor
penghambat; internet, lingkungan, televisi, semangat peserta didik kurang.
Implikasi penelitian ini adalah pertama berdasarkan hasil observasi dan
wawancara bahwa keterpaduan olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga
membentuk akhlak jujur, tanggung jawab, cerdas, bersih, sehat, peduli, dan kreatif
belum behasil secara maksimal. Para pendidik SMP Negeri 2 Bua khususnya harus
mengadakan pembinaan secara kontinyu. Kedua faktor pendukung pendididkan
karakter diharapkan pendidik menerapkan dan mengupayakan pelaksanaan aspek
tersebut. faktor yang menghambat harus diusahakan penanganannya untuk dihindari
agar peserta didik khususnya SMP Negeri 2 Bua diharapkan mengaktualisasikan
nilai akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak tersedia versi lain