Text
TESIS: Strategi Pembelajaran Pendidik Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Prestasi Belajar di SMK Negeri 1 Tolitoli
Tesis ini membahas tentang Stategi Pembelajaran Pendidik Pendidikan
Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 1
Tolitoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana proses
pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Tolitoli. 2) Apa
faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan strategi pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Tolitoli. 3) Bagaimana hasil proses
pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1
Tolitoli?
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode penelitian ini
digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, peneliti adalah sebagai
instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi, analisis
data bersifat induktif, dan hasil penelitian lebih mementingkan makna dari pada
generalisasi, pendekatan yang digunakan: pedagogis, sosiologis,teologis dan
manajemen. Adapun informan yang dijadikan nara sumber adalah kepala sekolah,
pendidik agama Islam dan para pendidik lainnya. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian tesis ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1Tolitoli telah direalisasikan
dengan melalui media pengembangan pendidikan dengan baik. Karena demikian
halnya maka penerapan strategi yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan
prestasi peserta didik dianggap telah berhasil walaupun masih ditemukan kendala
yang merintanginya. Untuk itulah, masih diperlukan strategi-strategi yang pariatif
dengan menggunakan metode dan strategi pembelajaran, kegiatan remedial teaching
serta evaluasi hasil belajar peserta didik.
Implikasi dari penelitian ini diharapakan: Strategi pembelajaran pendidikan
agama Islam, merupakan suatu keterampilan yang hendaknya dimiliki oleh seorang
pendidik khususnya mata pelajaran pendidikan agama Islam, untuk menjawab
problematika yang dihadapi oleh peserta didik yang dapat menghambat proses
pencapaian tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam setiap materi ajar hingga
berakhir pada aplikasi dalam praktek hidup sehari-hari. Selanjutnya bagi seorang
pendidik hendaknya mampu melakukan inovasi dan kreatifitasi dalam menunjang
proses pembelajaran melalui bentuk PAKEM. Hal ini menjadi pokok permasalahan
permasalahan tesis ini, sehingga pelaksanaan kegiatan strategi pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Tolitoli melalui starategi pembelajaran
pendidikan agama Islam, namun faktor kelemahan dalam bidang tersebut merupakan
penyebab utama sehingga minat untuk mempelajari pendidikan agama Islam sangat
rendah.
Tidak tersedia versi lain