Text
TESIS: Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pengamalan Nilai–nilai Islam bagi Peserta didik SMK Swakarya Tolitoli.
Tesis ini membahas tentang Peranan Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan Pengamalan Nilai Islam bagi peserta didik SMK Swakarya Tolitoli.
Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui dan menganalisis peranan pendidikan
Agama Islam pada peserta didik SMK Swakarya Tolitoli,(2).Untuk mengetahui dan
menganalisis perkembangan pengamalan nilai Islam bagi peserta didik SMK
Swakarya Tolitoli, (3). Untuk mengetahui bentuk-bentuk peranan guru PAI dalam
mengoptimalkan nilai-nilai islam. (4). Untuk mengetahui kendala-kendala yang
dihadapi oleh guru PAI dalam mengoptimalkan .pengamalan nilai-nilai Islam serta
solusinya.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah: (1)
Kepala Sekolah (2) Guru Pendidikan agama Islam dan guru lainnya (3) peserta didik.
Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data yang berhasil dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis melalui 3 cara yaitu:
reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan pengamalan nilai Islam, peserta didik SMK Swakarya Tolitoli cukup
baik. Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan pengamalan nilai-nilai Islam peserta didik SMK Swakarya Tolitoli,
yakni: faktor pendukung yaitu guru agama yang profesional dan kerjasama di antara
guru agama dan pengelola. Faktor penghambat, yaitu: Sebagian peserta didik kurang
beminat belajar agama dan fasilitas pembelajaran belum memadai. Solusi yang
dilakukan guru PAI dalam mengatasi hambatan dalam meningkatkan pengamalan
nila-nilai Islam peserta didik SMK Swakarya Tolitoli, yakni: memaksimalkan
pemberian motivasi kepada peserta didik, dan memaksimalkan fasilitas pembelajaran
PAI.
Implikasi dari kegiatan tersebut diharapkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan agama Islam dapat memberikan perubahan sikap dan tingkah laku pada
peserta didik SMK Swakarya Tolitoli ke arah yang lebih baik dalam hubungannya
dengan sesama manusia, lingkungan dan Tuhan. 2) Pengamalan nilai-nilai Islam bagi
peserta didik SMK Swakarya Tolitoli dapat dikategorikan baik, karena peserta didik
aktif beribadah di sekolah dan aktif menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan
menghargai sesama peserta didik, disiplin serta hormat kepada guru. 3) Bentuk
peranan guru PAI dalam mengoptimalkan nilai-nilai Islam bagi peserta didik SMK
Swakarya Tolitoli adalah membentuk dan memperbanyak amalan dan nilai-nilai
religius kepada peserta didik dengan memberikan teladan dan menanamkan budaya
islam seperti mengucapkan salam bagi yang muslim, menghargai dan menghormati
orang lain dan sebagainya. 4) Kendala yang dihadapi merupakan cambuk untuk terus
berbuat dan berkarya dalam upaya mendidik dan mengajarkan nilai-nilai Islam yang
berhadapan dengan pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi abad ini.
Tidak tersedia versi lain