Text
TESIS: Implementasi Teknik Qira’ah dalam Pembinaan Baca Tulis AlQur’an pada Peserta Didik SMA Cokroaminoto Tolitoli
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan
pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMA Cokroaminoto Tolitoli dengan teknik
Qira’ah, mengungkapkan keterlibatan guru pendidikan agama islam dalam kegiatan
pembelajaran, menguraikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam upaya
mengimplementasikan kegiatan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an bagi peserta didik
SMA Cokroaminoto Tolitoli.
Penelitian ini adalah bentuk penelitian lapangan ( field research) dengan
mengacu pada analisa kualitatif, meliputi: pendekatan dan jenis penelitian, kehadiran
peneliti, lokasi penelitian, sumber data (yang dijadikan sebagai nara sumber adalah
Kepala Sekolah, guru-guru mata pelajaran PAI, dan peserta didik), instrumen
penelitian, teknik pengumpulan data yaitu melalui metode observasi, metode
interview dan metode dokumentasi, serta analisis data dan pengujian keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran baca tulis
Al-Qur’an di SMA Cokroaminoto Tolitoli yang dilakukan oleh guru PAI yakni
menggunakan teknik Qira’ah. 2) Kegiatan baca tulis Al-Qur’an disebabkan adanya
dukungan dari berbagai pihak, baik Kepala sekolah dan jajarannya, orang tua maupun
peserta didik itu sendiri sehingga kompetensi baca tulis Al-Qur’an bagi peserta didik
sebagian besar mengalami peningkatan. Hambatannya terletak pada kompetensi guru
PAI yang belum memadai dan keterbatasan sarana tempat kegiatan (rumah yang tidak
mampu menampung peserta didik yang hadir dalam setiap kegiatan pembelajaran)
Implikasi Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas
SMA Cokroaminoto maka sebaiknya dari pihak SMA Cokroaminoto berusaha untuk
melengkapi sarana dan prasana SMA Cokroaminoto Tolitoli. Sebagai pendidik harus
lebih mempersiapkan serta memahami materi yang akan disampaikan kepada
p es erta d idi k agar peserta didik lebih giat lagi dalam belajar Al-Qur’an.
Tidak tersedia versi lain