Text
TESIS: Problematika Penerjemahan Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Ikhlas ad-Dary DDI Takkalasi Barru
Tesis ini membahas tentang problematika penerjemahan bahasa Arab ke
dalam bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data
objektif di lapangan tentang metode pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah
DDI Takkalasi, untuk memaparkan penerjemahan bahasa Arab ke dalam bahasa
Indonesia di Madrasah Aliyah DDI Takkalasi, untuk mengungkap problematika
penerjemahan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah DDI
Takkalasi dan untuk mengetahui usaha yang dilakukan pendidik dan peserta didik
dalam mengatasi problematika penerjemahan di Madrasah Aliyah DDI Takkalasi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan linguistik, yuridis, pedagogis, psikologis dan sosiologis. Tesis ini menggunakan sampel sumber data. Metode pengumpulan datanya adalah observasi,
wawancara, dokumentasi, triangulasi dan penelusuran referensi. Analisis data berupa
model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab
di Madrasah Aliyah DDI Takkalasi berjalan dengan baik meskipun ada kendalakendala yang dihadapi. Metode pembelajaran yang digunakan bervariasi seperti
metode mufradat, metode qawa>‘id tarjamah dan metode membaca. Pembelajaran
bahasa Arab dengan cara menerjemahkan masih bersifat harfiah. Ada beberapa
problematika penerjemahan yang muncul, yaitu aspek linguistik yang meliputi
kurangnya penguasaan mufradat, qawa>‘id belum dipahami dan non linguistik yang
meliputi perbedaan latar belakang pendidikan peserta didik, kurangnya waktu
pembelajaran, motivasi, fasilitas pendukung dan bimbingan penerjemahan. Dalam
upaya mengatasinya, guru dan peserta didik dituntut mengetahui masalah-masalah
yang ada. Setelah itu, ditempuh beberapa langkah efektif untuk mengatasinya.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan menjadi sarana untuk
mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab terutama dalam menerjemahkan.
Harapan ini pula tertuju kepada para peserta didik agar bisa menerjemahkan dengan
baik dan benar.
Tidak tersedia versi lain