Text
TESIS: Efektivitas Kinerja Pengawas dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 1 Tolitoli
Tesis ini membahas tentang efektivitas kinerja pengawas dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMA Negeri 1 Tolitoli, dengan tujuan untuk mengetahui kinerja pengawas sekolah, profesionalitas guru, kinerja pengawas pengawas dalam meningkatkan profesionalitas guru, dan faktor penghambat kinerja pengawas dalam meningkatkan profesionalisme guru dan solusinya.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, peneliti dalam membahas permasalahan melakukan pengumpulan data di lapangan. Data yang diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk distribusi tabel dan persentase.
Hasil penelitian didapatkan bahwa kinerja Pengawas SMA Negeri 1 Tolitoli belum sesuai apa yang diaharapkan, yakni belum maksimal dalam menjalankan tugasnya, seperti: dalam pemantauan standar isi, standar proses, penanganan masalah pembimbingan, dan pelatihan profesional guru dan Kepala Sekolah belum dilaksanakan secara profesional. Profesionalitas Guru SMA Negeri 1 Tolitoli masih kurang atau belum sesuai harapan. Sebagai indikator kurangnya profesionaliseme yang dimiliki guru tersebut, dapat dilihat antara lain: Sebagain guru kurang terampil menyusun rencana pembelajaran, dan kurang terampil dalam mengelola proses pembelajaran. Kinerja Pengawas Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Tolitoli belum efektif, dengan indikator, antara lain: Kinerja Pengawas kurang berimplikasi terhadap peningkatan keterampilan guru dalam merencanakan pembelajaran, kinerja Pengawas kurang berimplikasi terhadap peningkatan keterampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, dan kinerja Pengawas kurang berimplikasi terhadap peningkatan keterampilan guru dalam penilaian hasil pembelajaran. Faktor penghambat kinerja pengawas dan solusinya, yakni: Faktor penghambat yaitu kurangnya profesionalisme pengawas, dan sebagian guru yang enggan mengikuti arahan dan bimbingan dari pengawas. Solusinya adalah peningkatan profesionalisme pengawas, dan maksimalisasi komunikasi dengan para guru binaan.
Implikasi penelitian ini adalah para pihak yang berkompeten khususnya para pengawas sekolah agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya agar para guru binaannya dapat menjalan tugasnya secara profesional pula. Para guru yang ada di SMA Negeri 1 Tolitoli, hendaknya lebih proaktif dalam mengikuti arahan dan petunjuk pengawas seklah, guna meningkatkan kinerja dan lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.
Tidak tersedia versi lain