Text
TESIS: MOTIVASI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK MTS NEGERI TURIKALE KABUPATEN MAROS
Tesis ini berjudul Motivasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik MTs Negeri Turikale Kabupaten Maros.Tujuan penelitian ini 1) untuk mendeskripsikan dengan jelas bentuk motivasi guru dalam meningkatkan prestasi peserta didik MTs Negeri Turikale 2) untuk mengetahui dan mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat meningkatkan prestasi peserta didik MTs Negeri Turikale, dan 3) untuk menganalisis dan merumuskan upaya-upaya guru dalam mengatasi hambatan dalam meningkatkan prestasi peserta didik MTs Negeri Kabupaten Maros
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan Pedagogik, Sosiologis, dan Psikologis. Sumber data adalah kepala madrasah, dan guru. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan tiga cara: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi data
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) Bentuk motivasi guru dalam meningkatkan prestasi peserta didik, yaitu usaha yang dilakukan di dalam kelas, yakni: (a) Memberi motivasi secara langsung (b) Memberi tugas, (c) Mengumumkan hasil ulangan. Usaha yang dilakukan di luar kelas yakni: (a) pengajian rutin (b) pengaktifan shalat berjamaah, (c) ceramah setelah duhur, (d) pesantren kilat, dan (e) Peringatan hari-hari besar Islam. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan prestasi peserta didik adalah buku-buku paket, gedung dan ruang belajar yang cukup. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya perhatian, peserta didik terhadap metode mengajar yang kurang bervariasi, sehingga penyampaian informasi yang monoton menimbulkan kebosanan peserta didik serta peningkatan disiplin para peserta didik 3 Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan tersebut, memilih dan menetapkan media mana yang akan dimanfaatkan guna mencapai tujuan, guru saat ini begitu disiplin dalam melaksanakan tugasnya, selalu memberikan penghargaan yang tinggi kepada peserta didik serta mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya.
Implikasi penelitian memperhatikan perlunya seorang guru memiliki semangat kerja yang tinggi yang pada gilirannya meningkatkan prestasi peserta didik, maka madrasah perlu memperhatikan diataranya (1) menyediakan fasilitas-fasilitas untuk kegiatan produktif dan kreatif yang lebih banyak, dan mudah dicapai, sehingga peserta didik yang mempunyai sikap malas dapat diarahkan dengan intensif yang pada gilirannya akan mengarahkan mereka pada perbuatan yang produktif dan kreatif, (2) Menumbuhkan sikap positif peserta didik terhadap tantangan serta tidak pernah merasa puas dengan hasil yang dicapai, (3) meningkatkan disiplin kepada peserta didik, karena kedisiplin segala kegiatan dan pekerjaan akan berjalan dengan lancar, tertib dan teratur.
Tidak tersedia versi lain