Text
TESIS: PENERAPAN NILAI-NILAI AJARAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN UMUM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Tesis ini membahas tentang Penerapan Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Umum di Madrasah Tsanawiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode guru mata pelajaran umum menerapkan nilai-nilai ajaran Islam dalam pembelajaran mata pelajaran umum, apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam menerapkan nilai-nilai ajaran Islam dalam pembelajaran mata pelajaran umum, serta bagaimana upaya solutif dalam mengatasi faktor penghambat tersebut.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan penelitian yakni teologis normatif, pedagogis, psikologis dan historis. Data bersumber dari kepala madrasah, para guru, dan tenaga kependidikan lainnya, serta beberapa peserta didik. Instrumen penelitian yakni peneliti sendiri. Pengumpulan data di lapangan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan tiga tahap kegiatan yaitu; reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Tahap terakhir yang dilakukan yakni pemeriksaan terhadap keabsahan data melalui triangulasi dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan nilai-nilai ajaran guru dalam pembelajaran mata pelajaran umum secara garis besar dilaksanakan melalui: mengintegrasikan dan mengaitkan nilai-nilai ajaran yang terkandung dalam mata pelajaran umum dengan nilai-nilai ajaran Islam, merasa ikut bertanggung jawab terhadap perbuatan peserta didik yang ada relevansinya dengan substansi dan esensi dari mata pelajaran umum, mengadopsi pendekatan pembelajaran agama dalam pembelajaran mata pelajaran umum, dan membudayakan pelaksanaan kegiatan ciri khas agama Islam. Faktor pendukung antara lain status negeri madrasah, latar belakang pendidikan guru, kerjasama yang baik di sekolah, dan partisipasi dari masyarakat. Faktor penghambat, tidak semua guru memahami secara benar esensi metode pendekatan agama, keragaman latar belakang peserta didik, keterbatasan sarana dan prasana, keterbatasan waktu dan dana. Hasil proses penerapan nilai-nilai ajaran Islam dalam pembelajaran mata pelajaran umum antara lain: nilai i’tiqadiyyah, melalui pengajian/bimbingan keagamaan secara berkala, nilai khuluqiyyah, melalui kegiatan jumat bersih, kebiasaan berperilaku jujur, menghormati guru, serta saling menghargai sesama peserta didik, nilai amaliyyah, melalui Shalat dhuhur berjama’ah dan kultum (kuliah tujuh menit) secara bergiliran.
Implikasi penelitin ini adalah nilai-nilai ajaran Islam senantiasa menjadi acuan dalam proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tinambung. Dengan demikian, hendaknya para guru dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsepsi nilai-nilai ajaran Islam tersebut karena kondisi peserta didik akan selalu berubah sesuai dengan tingkat perkembangan individu masing-masing peserta didik. Guru selaku fasilitator diharapkan senantiasa berinovasi mengembangkan kapasitas diri dalam rangka pengabdian mencerdaskan kehidupan bangsa.
Tidak tersedia versi lain