Text
TESIS: Pelaksanaan Tugas Guru dalam mengaplikasikan Program Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliyah al-Mawasir Lamasi Kabupaten Luwu
Masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini difokuskan pada tiga aspek, yaitu: (1) Bagaimana proses pelaksanaan tugas guru dalam mengaplikasikan program pendidikan agama Islam pada Madrasah Aliyah Al-Mawasir Lamasi Kabupaten Luwu; (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan tugas guru dalam mengaplikasikan program pendidikan agama Islam pada Madrasah Aliyah Al-Mawasir Lamasi Kabupaten Luwu; (3) Hasil pelaksanaan tugas guru dalam mengaplikasikan program pendidikan agama Islam pada Madrasah Aliyah Al-Mawasir Lamasi Kabupaten Luwu.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bercorak deskriptif. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk mengamati fenomena yang muncul di lapangan, disamping itu juga digunakan pendekatan multidisipliner, yakni; pendekatan pedagogis, psikologis, dan religius. Untuk menguji validitas data, Peneliti mencocokkan dan membandingkan data dari berbagai sumber, baik sumber lisan (hasil wawancara), tulisan (pustaka), maupun data hasil observasi. Cara seperti ini dikenal dengan istilah strategi penelitian ganda; yaitu menggunakan metode yang beragam dalam memecahkan suatu masalah penelitian. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi yakni teknik pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain dari luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pelaksanaan tugas guru pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah al-Mawasir dilaksanakan melalui dua program yakni program intrakuler yang meliputi penyusunan RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan program ekstrakurikuler meliputi kegiatan ekstrakurikuler IMTAQ, peringatan hari besar Islam, infaq Jum’at, dan pengadaan sarana ibadah. Program intrakurikuler dan ekstrakurikuler dilaksanakan secara sonergis dan saling mendukung satu dengan yang lainnya.
Faktor pendukung pelaksanaan tugas guru dalam mengaplikasikan program PAI di madrasah Aliyah al-Mawasir adalah: 1) keikhlasan dan semangat pengabdian guru; 2) kekompakan Guru; dan 3) dukungan kurikulum. Sedangkan faktor penghambat adalah: 1) profesionalitas guru masih perlu ditingkatkan; 2) fasilitas yang masih minim; 3) kurangnya peran orang tua di rumah; dan 4) input siswa beragam. Faktor pendukung dan penghambat tersebut selanjutnya dianalisis melalui evaluasi diri sekolah dan penyelesaian problemnya dikoordinasikan dengan pihak terkait. Sedangkan hasil pelaksanaan tugas guru dalam mengaplikasikan program PAI pada Madrasah Aliyah al-Mawasir dapat dilihat dari dua aspek, yakni akademik dan non akademik. Prestasi akademik yang diraih oleh peserta didik Madrasah Aliyah al-Mawasir cukup baik yakni nilai ujian semester di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang dipersyaratkan 75, dan sudah tiga tahun berturut-turut meluluskan siswanya dengan persentase 100%. Sedangkan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler telah memberikan dampak terhadap perilaku ibadah yang semakin baik dan perubahan sikap peserta didik. Sedangkan non akademik dibuktikan dengan diraihnya beberapa prestasi di bidang olah raga, keagamaan, dan sosial.
Tidak tersedia versi lain