Text
TESIS: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP DARUD DA’WAH WAL-IRSYAD (DDI) POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam, (2) untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik dan, (3) mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP Darud Da’wah Wal-Irsyad (DDI) Polewali Mandar.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode kuantitatif dengan teknik statistik inferensial. Guru pendidikan agama Islam dan peserta didik sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung melalui pembelajaran di kelas yakni 1 populasi guru dan 160 populasi peserta didik. Dari 160 populasi peserta didik selanjutnya dilakukan penarikan sampling dengan teknik random sampling dengan menggunakan 11 % yakni 160 X 11 % = 18 orang
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik statistik inferensial dengan menghitung korelasi hasil observasi, angket, dan nilai ulangan harian semester ganjil Tahun pelajaran 2011/2012. Hasil korelasi selanjutnya dihitung dengan thitung untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam dapat dikategorikan baik dengan persentase 71,11 % respon positif, 21,67 % respons sedang dan 7,22% respons negatif. 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pendidikan agama Islam juga dikategorikan tuntas, yakni dengan nilai rata-rata 79,61; dan 3) pengaruh media pembelajaran tehadap hasil belajar peserta didik diketahui dari uji hipotesis dengan nilai korelasi rxy =0,936 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel X dengan variabel Y, demikian pula nilai signifikansi yakni 1% = 2,878 dan 5% = 2,101 yang berarti variabel X dan Y cukup signifikan. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran sangat efektif dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik di SMP DDI Polewali.
Meskipun demikian, hal yang perlu ditingkatkan dan dibenahi pihak sekolah yakni perlunya untuk segera memprogramkan pengadaan media terutama media komputer/LCD dan mengadakan pelatihan guru-guru SMP DDI Polewali Kabupaten Mandar Sulbar.
Tidak tersedia versi lain