Text
TESIS: KONSEPSI AKHLAK MULIA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM, TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH(KajianAnalisisTerhadapKurikulum Tingkat SatuanPendidikan)
Tesis ini membahas tentang akhlak mulia yang terdapat dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada satuan pelajaran Madrasah Aliyah (MA) yang diamanahkan oleh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Permasalahan pokok penelitian ini diarahkan untuk mengetahui eksistensi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan amanatnya terhadap pelajaran SKI, mengetahui eksistensi mata pelajaran SKI terutama materi akhlak Mulia yang dikandungnya, serta untuk mengetahui bagaimana pentingnya materi akhlak mulia bagi siswa madrasah aliyah kelas III melalui mata pelajaran SKI.
Tesis ini juga mempertegas muatan akhlak mulia pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam, karena di dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam satu kelompok dengan mata pelajaran aqidah dan akhlak, sementara realisasi pembelajaran SKI dan Aqidah akhlak tidak bersamaan diajarkan. Pelajaran Aqidah dan Akhlak dipelajari di kelas satu dan kelas dua Madrasah Aliyah, sedangkan pelajaran SKI baru dipelajari di kelas tiga madrasah aliyah, sehingga diharapkan penelitian ini mengungkap materi akhlak yang terdapat dalam pelajaran SKI, seperti yang diamanahkan oleh KTSP.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari data-data yang berkaitan dengan permasalahan di perpustakaan disamping melakukan pengamatan terhadap perilaku siswa pada jenjang pendidikan madrasah aliyah hususnya siswa kelas tiga. Pengolahan data menggunakan analisis induktip, yakni mengumpulkan data terutama yang berkaitan dengan permasalahan, kemudian dikelompok kelompokkan sesuai dengan jumlah permasalahan yang dikaji.
Hasil penelitian didasarkan pada materi akhlak mulia mata pelajaran SKI kelas tiga MA, yang peneliti melihat bahwa akhlak mulia pada pelajaran SKI masih terpendam, sehingga pembelajaran SKI, disamping muatan sejarah yang dikandungnya, juga memuat materi akhlak mulia, agar materi akhlak tetap berkesinambungan dari kelas satu ke kelas dua dan juga ke kelas tiga. Mengingat bahwa, umur seorang remaja yang duduk di kelas III madrasah aliyah yang masih sangat rentang dengan pengaruh negatif, kemudian umur seperti ini adalah persiapan untuk menuju ke usia dewasa.
Implikasi penelitian ini adalah memunculkan ke permukaan muatan akhlak mulia yang selama ini masih terpendam pada pelajaran SKI, sehingga pada akhirya kesinambungan materi akhlak mulia mulai dari kelas satu, kelas dua, sampai kek kalas tiga tetap berlanjut, serta amanat KTSP terhadap ke dua mata pelajaran yakni; aqidah akhlak dan SKI yaitu peningkatan akhlak mulia peserta didik pada satuan pendidikan MA dapat tercapai.
Tidak tersedia versi lain