Text
TESIS: KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA SDN PERCONTOHAN KABUPATEN TOLITOLI
Tesis ini membahas tentang kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran peserta didik pada SDN Percontohan Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tingkat kompetensi guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran peserta didik pada SDN Percontohan Kabupaten Tolitoli, (2) untuk mengetahui mutu pembelajaran PAI terhadap peserta didik pada SDN Percontohan Kabupaten Tolitoli. Masalah pokok yang dikaji dalam tesis ini adalah; bagaimana kompetensi guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran peserta didik pada SDN Percontohan Kabupaten Tolitoli, faktor-foktor pendukung dan penghambat kompetensi guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran peserta didik di SDN Percontohan Kabupaten Tolitoli dan solusinya.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga pendekatan; pedagogis, teologis dan psokologis. Sumber data pada penelitian ini adalah: (1) kepala sekolah (2) guru PAI ditambah dengan guru kelas (3) peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis melalui tiga cara yaitu: reduksi data, penyajian data (display data), verifikasi atau pengambilan kesimpulan.
Tingkat kompetensi guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran peserta didik di SDN Percontohan Kabupaten Tolitoli dikategorikan cukup baik, dilihat dari empat indikator, yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, dan mutu pembelajaran PAI terhadap perserta didik di SDN Percontohan Kabupaten Tolitoli secara umum menunjukkan kategori cukup baik. Adapun faktor pendukung, yaitu guru agama yang profesional dan kerjasama di antara guru agama dan pengelola. Sedangkan faktor penghambat, kurangnya alokasi waktu PAI dalam pembelajaran, sebagian peserta didik kurang beminat belajar agama, dan fasilitas pembebelajaran belum memadai. Solusi yang dilakukan kompetensi guru PAI dalam mengatasi hambatan dalam meningkatkan mutu pembelajaran terhadap peserta didik di SDN Percontohan Kabupaten Tolitoli, yakni: memaksimalkan pemberian motivasi kepada peserta didik, dan pembinaan secara berkala dan memaksimalkan fasilitas pembelajaran PAI.
Implikasi penelitian agar para guru PAI diharapkan meningkatkan kompetensinya, fasilitas pembelajaran perlu ditingkatkan terutama koleksi buku-buku pendidikan Agama Islam, guru PAI dan pihak sekolah perlu meningkatkan kerja sama.
Tidak tersedia versi lain