Text
TESIS: TIPOLOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN MURTAD}A MUT}AHHARI
Penelitian ini menelusuri, mengkaji, dan menganalisis ciri tipologis pemikiran pendidikan Murtad}a Mut}ahhari berdasarkan pandangan dasarnya tentang faktor-faktor fundamental pendidikan, sistem epistemologis yang dikembangkan, dan nilai aksiologis yang ditekankannya dalam pendidikan.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yakni melakukan pengumpulkan data dari berbagai sumber dan jenis dokumen yang terkait pemikiran pendidikan Murtad}a Mut}ahhari. Data tersebut dikumpulkan dengan cara pengutipan langsung dan tidak langsung, selanjutnya dianalisis, diorganisir, dan dikonstruksi secara induktif, dalam bentuk narasi deskriptif, agar bisa dibaca dalam konteks struktur dan sistem logis yang utuh dan bermakna serta menghasilkan kesimpulan yang obyektif tentang tipologi pemikiran pendidikan Murtad}a Mut}ahhari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pokok pemikiran pendidikan Murtad}a Mutahhari bergerak dalam batasan makna proses pengembangan berbagai potensi manusia secara dinamis dan berimbang dalam bentuk kecakapan professional, pengembangan kemandirian dan tanggungjawab serta pembinaan pribadi paripurna (insa>n kami>l). Secara epistemologis, pendidikan menurut Murtad}a Mut}ahhari berbasis penghargaan terhadap indera, akal, dan hati yang bermuara pada penyempurnaan pencerahan visi ruhani untuk mengenali realitas dan kebenaran. Konsideran epistemik tersebut berimplikasi pada terbentuknya tipologi pemikiran pendidikan Murtad}a Mut}ahhari yang cenderung modernis, ketimbang tradisional (dalam makna perenialis-esensialis) atau pun konstruktivisme sosial, dengan ciri kategoris berupa; Sikap rasional, Progresif-dinamis-terbuka tetapi kritis terhadap kemajuan zaman, dan Toleran terhadap keragaman dalam akar kemandirian intelektual. Sedangkan nilai aksiologis pemikiran pendidikan ditekankan pada fungsi dan aspek kemanusiaan-rasional-alamiah yang mengintegrasikan skill dan iman melalui matriks akhlak utama.
Implikasi penelitian ini terletak pada perlunya mengenali ciri genetis yang menentukan arah dan bentuk pendidikan melalui akar filosofis-ideologis Islam. Cara demikian menyediakan kekuatan transformatif pendidikan Islam berupa dialog kritis, kreatif, dan inovatif terhadap perkembangan dialektis di dunia pendidikan, baik lokal maupun global, tanpa terjebak kegamangan dan dis-orientasi nilai.
Tidak tersedia versi lain