Text
TESIS: Interaksi Guru dan Peserta Didik untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kabupaten Luwu
Pokok permasalahan tesis ini adalah bagaiamana interaksi guru dan peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar pada Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kabupaten Luwu? Rumusan pokok permasalahan tersebut kemudian diperinci dalam empat submasalah, yaitu: bagaimana gambaran interaksi guru dan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kabupaten Luwu? Bagaimana gambaran prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kabupaten Luwu? Bagaimana model interaksi guru dan peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar pada Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kabupaten Luwu? Dan apa kendala yang dihadapi dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kabupaten Luwu dan bagaimana solusinya?
Peneliti mengambil lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kabupaten Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pedagogis, yuridis, sosiologis, dan teologi normatif. Sumber data terdiri atas sumber primer dan sekunder. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai human instrument. Data yang diperoleh dianalisis dalam tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa di Madrasah Tasnawiyah Batusitanduk, penerapan interaksi edukatif telah lama dipraktikkan dalam kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler, prestasi belajar yang telah dicapai di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk boleh dikatakan cukup memuaskan. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik pada Tahun Pelajaran 2011/2012 membanggakan. Pola interaksi edukatif yang digunakan di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik ialah model pembelajaran kooperatif, dan kendala yang dihadapi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik terdiri atas dua faktor, yaitu: faktor internal peserta didik (fisik dan psikis) dan faktor eksternal peserta didik (lingkungan sekolah, dan lingkungan keluarga). Adapun solusi penyelesainnya ialah menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran, menciptakan interaksi yang baik antara guru dengan peserta didik, serta guru dan orang tua bekerjasama dalam mendidik, membantu, mengarahkan, dan mendukung aktivitas belajar peserta didik.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Implikasi edukatif yang secara nyata dapat dilihat dari adanya peningkatan pemahaman dan prestasi belajar siswa di sekolah, baik pada aspek kognitif, apektif, dan psikomotorik. 2) Implikasi sosial yang secara spesifik dapat ditunjukkan berupa adanya peningkatan interaksi yang baik antara guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik, dan guru dengan orang tua peserta didik. hal ini dapat dilihat pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah dan hubungan yang baik dengan para orang tua peserta didik.
Tidak tersedia versi lain