Text
TESIS: PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN MARISA KABUPATEN POHUWATO PROVINSI GORONTALO
Permasalahan pokok dalam tesis ini yaitu bagaimana profesionalisme dan kedisiplinan guru dalam meningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo? Adapun tujuan untuk mengetahui kondisi profesionalisme dan kedisiplinan guru, mengetahui hubungan profesionalisme dan kedisiplinan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan dan merumuskan upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam tesis ini yaitu kualitatif yakni mendiskripsikan hasil penelitian secara verbal. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan edukatif, teologis normatif, psikologis, dan sosiologis. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Selanjutnya penulis menganalisanya berdasakan metode induktif, deduktif dan komparatif.
Profesionalisme dan disiplin kerja adalah dua hal penting yang masih merupakan persoalan di kalangan sekolah/madrasah khusunya pada madrasah yang pengelolaannya di bawah lembaga yayasan. Pada beberapa madrasah swasta di Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato ditemukan bahwa rendahnya profesionalisme dan disiplin kerja guru telah berpotensi mempengaruhi mutu atau kualitas madrasah.
Mutu atau kualitas pendidikan sangat berkaitan dengan profesionalisme guru serta kedisiplinan guru yang tergambar pada sikap dan perbuatannya sehari-hari. Dengan demikian meningkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh dengan meningkatkan profesionalisme serta disiplin guru. Terbukti bahwa baik pada M.Ts Al-Mubarak maupun M.Ts. Al-Khairaat prestasi belajar siswa yang terevaluasi pada akhir semester sangat rendah. Tersimpul bahwa rendahnya profesionalisme guru dan disiplin kerja guru berdampak pada mutu pembelajaran siswa.
Upaya yang dilakukan dalam peningkatan profesionalisme dan disiplin guru di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Marisa yaitu lembaga telah membuat aturan yang terkait dengan disiplin, di bidang profesionalisme, guru diberikan kesempatan mengikuti pelatihan dan workshop yang berhubungan dengan desain pembelajaran, belajar aktif, serta quantum learning. Tujuan dari profesionalisme dan kedisplinan guru tersebut mengarah kepada tercapainya mutu pendidikan yang berkualitas di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarak dan Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat.
Tidak tersedia versi lain