Text
TESIS: EVALUASI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH PUTERI AS’ADIYAHPUSAT SENGKANG KABUPATEN WAJO
Tesis ini mengkaji tentang Evaluasi Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Puteri As’adiyah Pusat Sengkang Kabupaten Wajo. Pokok masalahnya adalah untuk menggambarkan hubungan pelaksanaan evaluasi pendidikan di Madrasah Aliyah Puteri As’adiyah Sengkang sehingga diperoleh pengetahuan baru, adanya hubungan langsung antara pelaksanaan evaluasi dengan peningkatan mutu pendidikan dan mendekskripsikan, menganalisis sistem evaluasi secara teoretis dan praktik serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses pelaksaan evaluasi pendidikan di madrasah tersebut. Dalam konteks standar nasional pendidikan, evaluasi atau penilaian hasil belajar dalam satuan pendidikan bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. Penilaian hasil belajar dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ujian semester, ujian akhir As’adiyah dan Ujian Akhir Nasional.
Untuk mengidentifikasi pokok masalah dalam penelitian ini, metode penelitian dilakukan secara observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka. Hasil pengumpulan data kemudian di analisis secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan kaidah berfikir Induktif, Deduktif, dan Komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi hasil belajar di Madrasah Aliyah Puteri As’adiyah Pusat Sengkang, sudah dilakukan berdasarkan program yang ada. Namun sebagian guru hanya melakukan kegiatan evaluasi sekedar kegiatan, tanpa menggunakan hasil evaluasi, sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran. Hal ini disebabkan beberapa faktor, antara lain, Faktor manajemen, pemanfaatan sumber daya Madrasah, keterbatasan dana/biaya dan faktor sarana dan prasarana.
Mengenai beberapa kendala di Madrasah Aliyah Puteri As’adiyah Pusat Sengkang dalam menerapkan dan mengembangkan model evaluasi ,perlu disikapi secara serius oleh berbagai kalangan,terutama secara khusus memiliki tanggung jawab bagi peningkatan mutu pendidikan di Madrasah. Kepala madrasah perlu mengefektikkan dan mendorong para guru melakukan evaluasi hasil belajar. maka disarankan kepada guru melihat kegiatan evaluasi sebagai sarana peningkatan mutu pendidikan.
Tidak tersedia versi lain