Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUBUNGANNYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK  SMA NEGERI 1 LILIRIAJA SOPPENG
Penanda Bagikan

Text

TESIS: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUBUNGANNYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 LILIRIAJA SOPPENG

HJ. NASRAH RAHMAN - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang Pengaruh Metode Pendidikan Agama Islam hubungannya dengan Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data objektif di lapangan tentang pengaruh metode pendidikan agama Islam hubungannya peningkatan motivasi belajar peserta didik. Permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penggunaan metode pendidikan agama Islam bagi guru bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng? Bagaimana hubungan antara metode pendidikan agama Islam, guru bidang studi keagamaan dengan peningkatan motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng? Bagaimana usaha peningkatan mutu metode pendidikan agama Islam pada SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng?
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan jenis penelitian deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pedagogis, psikologis, dan teologis normatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Ada pun yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari pendidik dan peserta didik.
Hasil penelitian yang ditemukan adalah sebagai berikut: (a) guru bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng mampu dan cakap menggunakan metode pendidikan agama Islam setiap mengadakan pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Namun, masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan berdasarkan teori kependidikan. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan bimbingan dan pelatihan khusus mengenai metode mengajar yang baik dan tepat. (b) hubungan timbal balik antara metode pendidikan agama Islam guru dengan peningkatan motivasi belajar peserta didik pada SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng sangat erat sekali. (c) usaha-usaha yang perlu dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu metode pendidikan agama Islam pada SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng adalah diaktifkannya bimbingan dan pelatihan, digalakkannya kerja kelompok guru, baik di lingkungan SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng maupun bergabung dengan sekolah-sekolah umum pada tingkat Kabupaten dan Propinsi, bahkan sampai ke tingkat Pusat.
Implikasi dalam penelitian ini adalah: (a) hendaknya setiap personil pendidik tidak mengandalkan ilmu teoritis yang dimiliki saja, tetapi ia harus membekali diri dan menyelaraskan antara ilmu teoritis dengan kondisi lingkungan pembelajaran, agar proses pendidikan dapat berlangsung secara efektif dan efisien, (b) dalam menghadapi berbagai macam metode pendidikan agama Islam, hendaknya pendidik tidak terfokus terhadap pemakaian satu metode tertentu saja. Sebab metode yang kelihatan paling efektif masih ada saja kekurangannya, metode yang paling sesuai pun belum menjamin hasil yang baik secara otomatis, (c) hendaknya diadakan evaluasi dan penelitian secara terus-menerus terhadap keefektifan metode-metode mengajar, agar setiap metode memiliki sifat fleksibel, sehingga mampu mengikuti arus perkembangan dan kemajuan zaman yang semakin serba industrialis. Dengan harapan ada penyesuaian antara metode pendidikan agama Islam dengan kemajuan teknologi; kemampuan menggunakan hasil teknologi sebagai sarana metode pembelajaran.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi (KUNJUNGI RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
TH
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN ISLAM., 2009
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengaruh Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Hubungannya Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada SMA Negeri 1 Liliriaja Soppeng
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?