Text
Disertasi: Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika pada madrasah tsanawiyah di kabupaten maros
Pokok masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kompetensi
pedagogik guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Maros, 2) Motivasi
belajar peserta didik pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Maros, 3) Hasil
belajar peserta didik pada madrash Tsanawiyah di Kabupaten Maros, 4) Hubunganxxii
antara kompetensi pedagogok guru matematika dengan hasil belajar matematika
pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Maros, 5) Hubungan antara motivasi
belajar peserta didik dengan hasil belajar matematika pada Madrasah Tsanawiyah di
Kabupaten Maros, 6) Hubungan kompetensi pedagogik guru matematika dan
motivasi belajar peserta didik secara bersama-sama terhadap hasil belajar
matematika pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Maros.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif.
Populasinya adalah guru bidang studi matematika dan peserta didik pada Madrasah
Tsanawiyah di Kabupaten Maros, 40 guru dan 1373 peserta didik. Guru dan peserta
didik tersebar pada 40 Madrasah yang ada pada Madrasah Tsanawiyah di
Kabupaten Maros. Jumlah sampel populasi yang diambil sebanyak 40 guru dan 205
peserta didik kelas VIII. Sampling yang digunakan adalah populasi sampel untuk
guru matematika pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Maros, pengambilan
sampel peserta didik 15% dari populasi. Penelitian dilakukan secara sekunder dengan
pertimbangan instrumen dibagikan oleh gurunya pada saat mengajar. Instumen yang
digunakan adalah kuesioner sebagai instrumen utama dan dokumentasi adalah
pelengkap. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk memperoleh range,
mean, standar deviasi, dan persentase. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik
analisis statistik infrensial dengan rumus dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara kompetensi pedagogik guru
matematika dan motivasi belajar peserta didik secara simultan terhadap hasil belajar
peserta didik sebesar (0,97). Hubungan ini secara kualitatif dapat dinyatakan
berada pada kategori 0,80–0,100 dengan kategori tinggi, dengan memperbandingkan
harga kritik r pada tabel produk moment, dimana rhitung rtabel = 0,97 0,304 untuk
taraf signifikan 5% pada N = 205, sehingga dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan
H1 diterima dengan suatu kesimpulan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara
kompetensi pedagogik guru Matematika dan motivasi belajar peserta didik terhadap
hasil belajar Matematika pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Maros tahun
pelajaran 2013/2014 semester Ganjil.
Implikasi dari penelitian ini adalah 1) seorang guru harus tekun mengikuti
bimbingan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, Kemenag, Prodef,
dan Usaid Prioritas. 2) Demi peningkatan mutu pendidikan, guru diharapkan selalu
mengikuti MGMP yang dilaksanakan di Kemdikbud untuk mata pelajaran Umum
dan di Kemenag untuk MGMP mata pelajaran agama setiap bulan berjalan. 3) untuk
meningkatkan prestasi belajar peserta didik hendaknya kepala Madrasah, guru, dan
masyarakat menyediakan fasilitas pendidikan, serta sarana dan prasarana yang lebihxxiii
memadai. 4) Motivasi belajar untuk meningkatkan prestasinya menjadi tanggung
jawab semua pihak, baik guru, masyarakat maupun kepala madrasah.
Tidak tersedia versi lain