Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: Strategi guru pendidikan agama islam dalam menembangkan pendidikan karakter pada peserta didik sma negeri 1 watampone
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: Strategi guru pendidikan agama islam dalam menembangkan pendidikan karakter pada peserta didik sma negeri 1 watampone

Sarifa Suhra - Nama Orang;

Disertasi ini berkenaan dengan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan pendidikan karakter pada peserta didik SMA Negeri 1 Watampone. Pokok permasalahannya adalah bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan pendidikan karakter pada peserta didik SMA Negeri 1 Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Memaparkan gambaran pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Watampone, 2) Memetakan bentuk strategi yang ditempuh guru PAI dalam mengembangkan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Watampone, 3) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Watampone dan solusinya, dan 4) Menganalisis dampak atau hasil implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Watampone.
Penelitian ini sifatnya deskriptif kualitatif, dan untuk memecahkan permasalahan dalam disertasi ini maka penulis menggunakan beberapa pendekatan yaitu: teologis-normatif, pedagogis, psikologis, dan sosiologis. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer bersumber dari semua guru PAI SMA Negeri 1 Watampone yang berjumlah 3 orang dan informan lain yang mendukung penelitian ini seperti: kepala sekolah, guru seni dan guru BP/BK, kepala tata usaha, siswa, alumni, orang tua siswa dan anggota masyarakat. Sedangkan data sekunder bersumber dari dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Untuk mengumpulkan data digunakan instrumen penelitian berupa; pedoman observasi, pedoman wawancara, check list dokumentasi dan kartu kutipan dalam penelusuran referensi. selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan 4 cara: (1) reduksi data, (2) display data, (3) verifikasi data, dan (4) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi untuk menghindari kesalahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Watampone telah terlaksana dengan baik terbukti adanya penerapan nilai-nilai karakter bagi peserta didik seperti: religius, jujur, toleransi, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab, sedangkan strategi yang ditempuh oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan pendidikan karakter pada peserta didik SMA Negeri 1 Watampone meliputi guru PAI menggunakan model pembelajaran yang bervariasi seperti keteladanan dan pembiasaan, pembinaan disiplin, hadiah dan hukuman, CTL (Contextual Teaching and Learning), bermain peran (role playing), dan pembelajaran partisipatif (participative instruction). Bentuk strategi lainnya adalah melakukan pembinaan kesiswaan secara intensif melalui organisasi ROHIS (rohani Islam), dan penggunaan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang memuat nilai-nilai karakter sesuai dengan kompetensi dasar dan standar kompetensi di setiap tatap muka di kelas, adapun faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Watampone berupa adanya dana komite untuk membangun sarana prasarana sekolah, visi misi sekolah yang memuat nilai-nilai keagamaan, kebijakan kepala sekolah yang mendukung implementasi pendidikan karakter serta dukungan lima faktor determinan pendidikan meliputi: guru yang cakap dan dapat diteladani, siswa yang patuh pada aturan, tujuan sekolah yang jelas, metode yang bervariasi serta lingkungan yang cukup kondusif berlangsungnya pendidikan karakter. Sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya dana pembinaan kesiswaaan karena dana komite hanya fokus pada pembangunan gedung sekolah serta kurangnya alokasi jam pembelajaran PAI di sekolah. Solusinya adalah dana komite harus disisipkan sebagian untuk pembinaan kesiswaan dan diadakan pesantren kilat secara profesional. Adapun hasil implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Watampone berdampak positif bagi siswa, komunitas sekolah, dan orang tua serta masyarakat umum. bagi siswa mampu membentuk pribadi yang berkarakter serta meningkatkan kompetensi lulusan, bagi komunitas sekolah mampu tercipta pelayanan yang nyaman karena siswa tertib sedangkan bagi orang tua dan masyarakat dapat merasakan kedamaian karena siswa tak pernah tawuran.
Implikasi penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter diharapkan bagi semua pihak terutama di zaman global seperti sekarang ini. Pendidikan karakter dapat dikembangkan bukan hanya di lembaga pesantren melainkan dalam lembaga sekolah umum pun boleh dengan adanya keteladanan dari semua guru dan pembinaan kesiswaan khususnya yang dilakukan oleh guru PAI, serta adanya kebijakan kepala sekolah yang mendukung implementasi pendidikan karakter.


Ketersediaan
#
Pascasarjana Belum memasukkan lokasi
80100311055
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 SAR s
Penerbit
uinam-samata : pascasarjana., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pendidikan agama islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?