Art Original
TESIS: KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF HADIS
Tesis ini berkenaan dengan studi tentang konsep pendidikan anak usia dini
dalam perspektif hadis, dengan pokok permasalahannya adalah ”Bagaimana
konsep pendidikan anak usia dini dalam perspektif hadis”. Penelitian ini bersifat
kualitatif deskriptif, yang menggunakan pendekatan historis, teologis normatif,
pedagogis, psikologis, melalui metode analisis induktif, deduktif, serta
komparatif, dengan menggunakan teknik interpretasi tekstual, kontekstual dan
intertekstual.
Dalam hadis dikemukakan prinsip-prinsip pendidikan yang telah
dilakukan oleh Rasulullah saw. yang mengedepankan pemberdayaan potensi
spiritual dan jasmani, pemberdayaan potensi spiritual dilakukan melalui
penanaman akidah dan pembiasaan dalam ibadah, pemberdayan potensi jasmani
melalui aktivitas fisik dan intelektual.
Dalam hadis, juga dikemukakan prinsip akhlak seorang pendidik, dalam
tiga ranah, yakni akhlak dalam sikap, ditunjukkan dengan sifat bijaksana dan
sabar, akhlak dalam tindakan, ditunjukkan dengan sifat demokratis, dialogis dan
psikologis, dan akhlak dalam sikap, yang menfokuskan dasar pendidikan pada
aspek transendensi dan intuitif.
Metode pendidikan dalam hadis secara global ada dua, yakni searah dan
interaktif, metode searah memiliki relevansi dengan materi yang bersifat
dogmatis, metode interaktif memiliki relevansi dengan materi yang non
dogmatis, yang bersifat demokratis dan humanis.
Anak usia dini, mempunyai kecendrungan untuk meniru segala apa yang
didengar dan dilihat, Anak usia dini, cendrung mentransfer atau menyalurkan
segala apa yang diterimanya tanpa mampu membedakan baik buruknya. Pada
fase ini, orang tua harus berperan aktif dalam mengaplikasikan penanaman nilainilai islami dengan metode Rasulullah saw., yang dilandasi dengan akhlak
seorang pendidik dan dengan memperhatikan pertumbuhan, perkembangan anak
usia dini.
Tidak tersedia versi lain