Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DALAM PERSPEKTIF HADIS
Penanda Bagikan

Art Original

TESIS: KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF HADIS

HASMAWI KASIM - Nama Orang;

Tesis ini berkenaan dengan studi tentang konsep pendidikan anak usia dini
dalam perspektif hadis, dengan pokok permasalahannya adalah ”Bagaimana
konsep pendidikan anak usia dini dalam perspektif hadis”. Penelitian ini bersifat
kualitatif deskriptif, yang menggunakan pendekatan historis, teologis normatif,
pedagogis, psikologis, melalui metode analisis induktif, deduktif, serta
komparatif, dengan menggunakan teknik interpretasi tekstual, kontekstual dan
intertekstual.
Dalam hadis dikemukakan prinsip-prinsip pendidikan yang telah
dilakukan oleh Rasulullah saw. yang mengedepankan pemberdayaan potensi
spiritual dan jasmani, pemberdayaan potensi spiritual dilakukan melalui
penanaman akidah dan pembiasaan dalam ibadah, pemberdayan potensi jasmani
melalui aktivitas fisik dan intelektual.
Dalam hadis, juga dikemukakan prinsip akhlak seorang pendidik, dalam
tiga ranah, yakni akhlak dalam sikap, ditunjukkan dengan sifat bijaksana dan
sabar, akhlak dalam tindakan, ditunjukkan dengan sifat demokratis, dialogis dan
psikologis, dan akhlak dalam sikap, yang menfokuskan dasar pendidikan pada
aspek transendensi dan intuitif.
Metode pendidikan dalam hadis secara global ada dua, yakni searah dan
interaktif, metode searah memiliki relevansi dengan materi yang bersifat
dogmatis, metode interaktif memiliki relevansi dengan materi yang non
dogmatis, yang bersifat demokratis dan humanis.
Anak usia dini, mempunyai kecendrungan untuk meniru segala apa yang
didengar dan dilihat, Anak usia dini, cendrung mentransfer atau menyalurkan
segala apa yang diterimanya tanpa mampu membedakan baik buruknya. Pada
fase ini, orang tua harus berperan aktif dalam mengaplikasikan penanaman nilainilai islami dengan metode Rasulullah saw., yang dilandasi dengan akhlak
seorang pendidik dan dengan memperhatikan pertumbuhan, perkembangan anak
usia dini.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi 2X7.3
80100207069
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2009
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?