Art Original
TESIS: PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN-HADIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM BARANDASI KABUPATEN MAROS
Tesis ini membahas tentang peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui
penerapan media pembelajaran. Penelitian ini mempunyai tujuan: Untuk mengetahui
gambaran penerapan media pembelajaran Al-Qur’an-Hadis. Mengungkapkan faktor
pendukung dan penghambat penerapan media pembelajaran Al-Qur’an-Hadis, dan
untuk menganalisis dan merumuskan upaya guru mengatasi faktor penghambat
penerapan media pembelajaran Al-Qur’an-Hadis dalam meningkatkan prestasi belajar
peserta didik.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan pedagogis, yuridis, sosiologis dan teologi normatif. Sumber data
penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru Al-Qur’an-Hadis dan guru MA
Darussalam Barandasi Maros, serta peserta didik. Data yang dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun data yang sudah ada
dikelola melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penerapan media pembelajaran
sangat membutuhkan keterampilan guru untuk mengelolanya, fasilitas media yang
ada, tidak akan berguna sama sekali jika guru tidak mampu mengoperasikannya. Di
dalam menerapkan media pembelajaran ada faktor yang mendukung dan
menghambat, di antara faktor pendukungnya adalah semua elemen madrasah saling
membantu dalam menyiapkan alat/media pembelajaran yang dibutuhkan, sedang
contoh yang menghambat penerapan media adalah keterbatasan media yang ada.
Upaya untuk mengatasi hambatan penerapan media pembelajaran di antaranya adalah
meningkatkan kemampuan guru dalam mengolah dan menerapkan media
pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain