Text
DISERTASI : TRANSFORMASI NILAI NILAI KETELADANAN GURU DAN PEMBINA ASRAMA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI MADRASAH TSANAWIYAH AS’ADIYAH PUSAT SENGKANG KABUPATEN WAJO
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis transformasi nilai-nilai
keteladanan guru dan pembina di Madrasah Tsanawiyah As'adiyah pusat
Sengkang, Kabupaten Wajo dalam pembentukan akhlak santri. (2) untuk
menganalisis upaya guru di Madrasah Tsanawiyah As'adiyah Pusat Sengkang,
Kabupaten Wajo dalam mentransformasi nilai-nilai keteladanan dalam
pembentukan akhlak santri. (3) untuk menganalisis upaya pembina di Madrasah
Tsanawiyah As'adiyah Pusat Sengkang, Kabupaten Wajo dalam mentransformasi
nilai-nilai keteladanan untuk pembentukan akhlak santri. (4) untuk menganalisis
hasil transformasi keteladanan guru dan pembina asrama di Madrasah Tsanawiyah
As'adiyah Pusat Sengkang, Kabupaten Wajo terhadap pembentukan akhlak santri.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan
pedagogik dan fenomenologi. Sumber data primer bersumber dari guru dan
pembina asrama, adapun sumber data skunder meliputi: dokumen-dokumen Santri
serta referensi atau buku-buku yang relevan. Metode pengumpulan data yakni
obeservasi, wawancara, dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yakni
reduksi data, penyajian data, teknik analisis perbandingan, penarikan kesimpulan.
Pengujian keabsahan data yakni uji kredibilitas, uji defentability, uji
confirmability.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Transformasi nilai-nilai
keteladanan guru dan pembina asrama memberikan dampak positif yang
signifikan terhadap pembentukan akhlak santri meliputi; pembentukan karakter
positif, pengaruh lingkungan sosial, internalisasi nilai-nilai, peningkatan kualitas
pendidikan, pembentukan hubungan positif, pemahaman nilai agama,
pembentukan lingkungan belajar positif, dan mendorong pertumbuhan holistik.
Upaya guru dalam mentransformasi nilai-nilai keteladanan dalam pembentukan
akhlak santri melalui pendekatan emosional yang dianggap sebagai kunci utama
dalam membentuk akhlak yang baik dengan mengadopsi metode ceramah sebagai
pembentukan karakter santri. Upaya pembina asrama dalam mentransformasi
nilai-nilai keteladanan dalam pembentukan akhlak santri termanifestasi melalui
aktivitas positif dengan mengikuti pembelajaran Bahasa Arab dan jadwal hafalan
Al-Qur'an setelah shalat fardu. Implementasi transformasi nilai keteladanan pada
santriwati memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perubahan perilaku
mereka. Berbagai kegiatan pengembangan diri yang bersumber pada nilai-nilai
moral dan etika Islam. Santri tidak hanya memahami secara konseptual,
melainkan juga aktif terlibat dalam praktek sehari-hari yang mencerminkan nilainilai keteladanan. Partisipasi dalam kegiatan amal, pengabdian kepada
masyarakat, dan aktif dalam program sosial.
Implikasi penelitian melibatkan berbagai pihak di Madrasah Tsanawiyah
As'adiyah Pusat Sengkang, dengan kepala madrasah diharapkan menjadi teladan
untuk seluruh komunitas pendidikan. Guru diminta memberikan keteladanan
melalui tindakan dan perkataan, sementara pembina asrama diharapkan terlibat
aktif dalam memberikan teladan positif. Santri, sebagai objek utama pembentukan
akhlak, diharapkan mempertahankan komitmen terhadap kebaikan dan
menunjukkan istiqamah dalam perilaku yang baik sepanjang waktu.
Tidak tersedia versi lain