Text
TESIS: IMPLEMENTASI HADIS RELASI GURU DAN MURID DI STIBA MAKASSAR
Pendidikan Islam memiliki sejarah panjang dan penting dalam
penerapan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, dengan hadis
Nabi sebagai salah satu sumber utama yang mendasari praktik pendidikan ini.
Di STIBA Makassar, implementasi hadis tentang relasi guru dan murid menjadi
penting untuk menciptakan lingkungan akademik yang kondusif dan beretika
tinggi. Penelitian ini mengkaji dua rumusan masalah utama: 1) bagaimana
kualitas dan kandungan hadis relasi guru dan murid, 2) bagaimana realitas
relasi guru dan murid di STIBA Makassar, 3) bagaimana implementasi hadis
relasi guru dan murid di STIBA Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus, melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk
mengumpulkan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep
relasi guru dan murid menurut hadis Nabi dan mengetahui implementasi
hadis tentang relasi guru dan murid di STIBA Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi hadis tentang relasi
guru dan murid di STIBA Makassar mencakup beberapa aspek penting, seperti
penerapan sikap rendah hati (tawadu) oleh guru dan murid, komunikasi dua
arah yang efektif, motivasi dari guru yang berpengaruh signifikan terhadap
semangat belajar murid, serta penekanan pada pentingnya memahami latar
belakang murid untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar.
Implementasi ini telah menciptakan hubungan yang harmonis dan
produktif di lingkungan akademik STIBA Makassar, meningkatkan motivasi
belajar dan kedisiplinan murid, serta memperkuat integrasi nilai-nilai moral
dan spiritual dalam proses pendidikan. Implikasi penelitian ini mencakup
peningkatan kualitas hubungan guru-murid, pengembangan metode
pengajaran inovatif oleh guru, peningkatan pemahaman mahasiswa tentang
pentingnya relasi baik dengan guru, dan menjadi referensi bagi peneliti lain
untuk kajian implementasi hadis.
Tidak tersedia versi lain