Text
DISERTASI: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA TERINTEGRASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS DI PERGURUAN TINGGI
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menemukan keragaman kebutuhan
bahan ajar mata kuliah bahasa Indonesia Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, 2)
Menghasilkan prototipe bahan ajar mata kuliah bahasa Indonesia
Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, 3) Menguji
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar bahasa Indonesia
terintegrasi Higher Order Thinking Skills(HOTS) di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Penelitian Research and
Development (R&D) ini menggunakan siklus edar Borg & Gall yang terdiri dari
10 langkah. Penelitian yang dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan IAIN Palopo ini melibatkan 269 mahasiswa dan 4 dosen bahasa
Indonesia pada tahap analisis kebutuhan, bahan ajar produk pengembangan
divalidasi oleh 3 orang validator. Uji kepraktisan produk ini melibatkan 8
dosen dan 11 mahasiswa pada uji terbatas dan 91 mahasiswa pada skala luas.
Uji efektifitas dilakukan dalam bentuk eksperimen dengan desain
Nonequivalent Group Pretest-Posttest Control. Metode analisis data yang
diterapkan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kategori, yakni analisis
kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia terintegrasi Higher Order
Thinking Skills (HOTS) diperlukan di lingkungan perguruan tinggi berlatar
belakang keagamaan Islam. Prototype buku yang dihasilkan berjudul "Bahasa
Indonesia untuk Perguruan Tinggi: Pembelajaran terintegrasi HOTS"
mendukung keterampilan HOTS melalui konten holistik. Tingkat validitas
buku dengan kategori sangat tinggi menunjukkan peningkatan kualitas dari
buku sebelumnya. Buku ini berpotensi meningkatkan kemampuan kritis,
analitis, dan kreatif mahasiswa yang sangat dibutuhkan dalam pendidikan di
perguruan tinggi serta dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Uji
kepraktisan buku di IAIN Palopo mendapat respons positif, mayoritas dosen
dan mahasiswa menyatakan buku ini relevan dan efektif untuk
mengembangkan keterampilan HOTS, menunjukkan keefektifannya dalam
lingkungan pendidikan. Hasil uji efektivitas terbukti terbukti efektif
meningkatkan hasil pembelajaran dan mempersiapkan mahasiswa
menghadapi tuntutan dunia kerja dengan mengembangkan pemikiran kritis,
analitis, dan kreatif. Implikasi dari hasil ini mengindikasikan perlunya
melakukan peninjauan ulang dan mengupdate kurikulum serta metode
pengajaran untuk mengintegrasikan HOTS di perguruan tinggi.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Borg & Gall, Bahasa Indonesia,
Higher Order Thinking Skills
Tidak tersedia versi lain