Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH MADANI ALAUDDIN

Fahmi Darusti - Nama Orang;

Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk membahas mengenai:
(1) Bagaimana strategi pembelajaran kolaboratif peserta didik pada pelajaran
Al-Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin? (2) Bagaimana
motivasi belajar peserta didik pada pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah
Tsanawiyah Madani Alauddin? (3) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada
pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin? (4)
Apakah strategi pembelajaran kolaboratif berpengaruh terhadap motivasi
belajar peserta didik pada pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah
Madani Alauddin? (5) Apakah strategi pembelajaran kolaboratif berpengaruh
terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran Al-Quran Hadis di
Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin? (6)Apakah strategi pembelajaran
kolaboratif berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar
peserta didik secara bersama-sama pada pelajaran Al-Quran Hadis di
Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain ex-post facto
dengan menggunakan pendekatan pedagogis. Responden dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas VII/A dan VII/B Madrasah Tsanawiyah Madani
Alauddin yang berjumlah 66 yang diperoleh dari teknik convenience sampling.
Untuk pengumpulan data menggunakan instrumen angket strategi
pembelajaran kolaboratif, angket motivasi belajar dan dokumentasi hasil
belajar penilaian harian, hasil Penilaian Akhir Semester (PAS), dan nilai rapor.
Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kolaborasi peserta
didik dengan strategi pembelajaran kolaboratif termasuk katagori tinggi
dengan frekuensi 47 (71%) dari 66 (100%) sampel. (2) tingkat motivasi
belajar peserta didik tergolong tinggi dengan frekuensi 31 (47%) dari 66
(100%) sampel. (3) hasil belajar peserta didik termasuk ke dalam katagori
rendah dengan frekuensi 27 (41%) dari 66 (100%) sampel. (4) Kontribusi
strategi pembelajaran kolaboratif terhadap motivasi belajar mata pelajaran AlQuran Hadis sebesar 0,529 atau 52,9%. berarti bahwa perubahan motivasi
belajar pada kelas VII/A dan VII/B sebesar 52,9% disebabkan oleh strategi pembelajaran kolaboratif yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Al-Quran
Hadis di kelas. Dapat disimpulkan bahwa variabel strategi pembelajaran
kolaboratif berpengaruh positif dan signi_ikan terhadap motivasi belajar pada
mata pelajaran Al-Quran Hadis. (5) Kontribusi strategi pembelajaran
kolaboratif terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadis adalah
0,0036 atau 0,036%. berarti bahwa perubahan motivasi belajar pada kelas
VII/A dan VII/B sebesar 52,9% disebabkan oleh strategi pembelajaran
kolaboratif yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Al-Quran Hadis di kelas.
Dapat disimpulkan bahwa variabel strategi pembelajaran kolaboratif tidak
berpengaruh secara signi_ikan terhadap hasil belajar pada mata peajaran AlQuran Hadis. (6) Hasil perhitungan analisis multivariat menunjukkan bahwa
strategi pembelajaran kolaboratif tidak berpengaruh signi_ikan terhadap
motivasi belajar dan hasil belajar secara bersama-sama pada mata pelajaran
Al-Quran Hadis di kelas VII/A dan VII/B. Kesimpulan tersebut disimpulkan
berdasarkan F-hitung 1,872 < F-tabel 3,14 dengan nilai signi_ikansi 0,006 <
0,05, yang bermakan tidak signi_ikan.
Implikasi yang diperoleh selama penelitian ialah: (1) Diharapkan
kepada guru untuk terus melatih pembelajaran yang bersifat berpusat pada
peserta didik ini sesuai dengan kurikulum merdeka yang telah ditetapkan oleh
KEMENDIKBUDRISTEK, agar motivasi dan hasil belajar yang cenderung
dilakukan di kelas dengan pembelajaran kelompok-kelompok kecil dapat
meningkat dengan signi_ikan. (2) Diharapkan guru dapat memaksimalkan
pembelajaran agar peserta didik mendapat hasil belajar yang tinggi. (3) Pesan
kepada peneliti lain agar dapat memaksimalkan instrumen penelitian sebelum
melaksanakan penelitian agar hasil penelitian mendapatkan hasil yang lebih
akurat sesuai dengan dilapangan.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.2
80200222052
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.2
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?