Text
DISERTASI: EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL ULYA PADA PONDOK PESANTREN DI SULAWESI SELATAN PERSPEKTIF BLUE OCEAN STRATEGY
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan Pendidikan Diniyah Formal Ulya pada pondok pesantren di Sulawesi Selatan pada aspek context, input, process dan product evaluation perspektif Blue Ocean Strategy.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala PDF Ulya, wakil kepala PDF Ulya, pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Penyelenggaraan PDF Ulya pada pondok pesantren di Sulawesi Selatan pada aspek context evaluation perspektif blue ocean strategy bermakna adanya potensi besar untuk pengembangan dan penguatan, karena penyelenggara PDF Ulya mampu mengidentifikasi peluang-peluang baru dan mengatasi tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan daya saing melaui langkah blue ocean strategy dengan menggunakan skema eliminate dan create sehingga pada aspek ini PDF Ulya memiliki kekuatan dan peluang, namun tetap mewaspadai ancaman yang ada; 2. Evaluasi pada aspek input menunjukkan bahwa Pendidikan Diniyah Formal Ulya masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut. Hal ini dibuktikan dengan sumber daya manusia yang dimiliki telah melampaui standar, didukung oleh mutu kurikulum dan mutu pembiayaan yang memenuhi standar. Namun, masih terdapat kebutuhan untuk pengembangan dan inovasi lebih lanjut, terutama terkait dengan sarana dan prasarana. Penerapan langkah-langkah blue ocean strategy secara menyeluruh pada aspek input ini menjadi upaya strategis untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada, serta mengubahnya menjadi peluang. Dengan demikian, PDF Ulya dapat terus meningkatkan kualitas input pendidikannya untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi; 3. Evaluasi pada aspek proses menunjukkan bahwa terdapat upaya berkelanjutan untuk berinovasi dan meningkatkan efektivitas dalam penyelenggaraan Pendidikan Diniyah Formal Ulya serta masih terdapat ruang untuk perbaikan lebih lanjut. Penerapan langkah-langkah strategi blue ocean dengan skema eliminate, reduce, dan create telah diimplementasikan dalam mengatasi permasalahan administrasi, manajemen, serta inovasi dalam pembelajaran, pengelolaan, dan pengasuhan. Dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, diharapkan kelemahan-kelemahan yang masih tersisa dapat diatasi secara efektif; 4. Evaluasi pada aspek produk menunjukkan adanya keselarasan antara isi kurikulum dengan profil lulusan Pendidikan Diniyah Formal Ulya, yang telah menghasilkan prestasi dalam beberapa bidang. Meskipun demikian, masih terdapat potensi untuk meningkatkan kualitas dan keunikan produk PDF Ulya. Fokus utama pengembangan terletak pada diferensiasi kurikulum, serta membangun reputasi dan kemitraan yang strategis, untuk memperkuat posisi PDF Ulya dalam dunia pendidikan dan memperkuat blue ocean.
Rekomendasi untuk peningkatan penyelenggaraan PDF Ulya di Sulawesi Selatan dalam rangka menciptakan "blue ocean" di dunia pendidikan meliputi: 1. Penguatan kompetensi teknologi informasi untuk pendidik; 2. Pengembangan sistem informasi secara mandiri; 3. Optimalisasi manajemen waktu; 4. Penguatan sarana prasarana dengan memperhatikan kebutuhan penyandang disabilitas; 5. Diversifikasi pembiayaan; 6. Peningkatan keterlibatan stakeholder; 7. pengukuran kinerja dan akreditasi; 8. Penguatan kemitraan.
Tidak tersedia versi lain