Text
TESIS: KORELASI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN AKTIVITAS BELAJAR ALQURAN HADIS PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 BONE
Penelitian ini membahas Korelasi Keterampilan Mengajar Guru dengan
Aktivitas Belajar Alquran Hadis Peserta Didik Kelas X MAN 2 Bone. Bertujuan
untuk menganalisis keterampilan mengajar guru kelas X MAN 2 Bone, menganalisis
aktivitas belajar Alquran hadis peserta didik kelas X MAN 2 Bone, dan
keterampilan mengajar guru berkorelasi positif dengan aktivitas belajar Alquran
hadis peserta didik kelas X MAN 2 Bone.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat analisis
deskriptif, dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan psikologis, dengan
menggunakan teknik observasi, angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan
melalui tiga tahap yaitu Teknik Skoring, Teknik Analisis Presentase dan Uji
Koefisien Korelasi dengan menggunakan rumus person/product moment.
Hasil penelitian menunjukan Pertama, Keterampilan mengajar guru kelas X
MAN 2 Bone menunjukkan hasil X = 3,72 yang berada pada kategori Sangat Tinggi,
Kedua, aktivitas belajar Alquran hadis peserta didik kelas X MAN 2 Bone,
menunjukkan hasil Y = 2,94 yang berada pada kategori Tinggi. Ketiga, Korelasi
keterampilan mengajar guru tidak berkorelasi positif dengan aktivitas belajar Alquran
hadis peserta didik kelas X MAN 2 Bone, menunjukkan hasil berkorelasi positif
sebesar rxy = 0,035, berada dalam kategori koefisien korelasi sangat rendah.
dengan uji hipotesis rhitung 0,035 ≤ rTabel 0,3160, Hi ditolak, sehingga varibel X tidak
berkorelasi positif dengan variabel Y pada MAN 2 Bone. Kontribusi Varibel X
terhadap variabel Y sebesar 0,123%.
Implikasi penelitian ini bagi guru, dapat lebih terampil dalam menggunakan
berbagai keterampilan mengajar terutama pada penggunaan metode dan media
pembelajaran dalam proses pembelajaran Alquran hadis, bagi peserta didik, dituntut
untuk lebih giat dan aktif dalam aktivitas belajar agar hasil belajar yang didapatkan
lebih baik, bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, termasuk sarana dan prasarana serta dukungan diberikan kepada
guru dan peserta didik disetiap kegiatan pembelajaran agar pembelajaran dapat
dilakukan dengan baik dan maksimal.
Tidak tersedia versi lain