Text
TESIS: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN 2 BONE
Tesis ini membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort dalam
Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Qur‟an pada Mata Pelajaran al-Qur‟an
Hadits di MAN 2 Bone. Tujuan dalam penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan
penerapan metode pembelajaran Card Sort dalam meningkatkan kemampuan
menghafal ayat al-Qur‟an pada mata pelajaran al-Qur‟an Hadits di MAN 2 Bone, (2)
Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran konvensional dalam
meningkatkan kemampuan menghafal ayat al-Qur‟an pada mata pelajaran al-Qur‟an
Hadits di MAN 2 Bone, (3) Untuk menganalisis perbedaan kemampuan menghafal
ayat al-Qur‟an pada peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran
Card Sort dengan menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran al-Qur‟an
Hadits di MAN 2 Bone.
Variabel yang diteliti adalah Metode Pembelajaran Card Sort dan
Kemampuan Menghafal al-Qur‟an dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen
dengan desain Quasi Eksperimental dengan rancangan penelitian Non Equivalent
Control Group Desaign. Populasi penelitian peserta didik kelas XI MAN 2 Bone
dengan sampel yang diambil adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 yang berjumlah
15 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 15 orang
sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
dan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menghafal al-Qur‟an
peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran Card
Sort nilai rata-rata pretest adalah 59,80 dan nilai rata-rata posttest adalah 83,60 yang
artinya mengalami peningkatan. Selanjutnya, hasil penelitian pada kelas kontrol yang
tidak menerapkan metode pembelajaran Card Sort menunjukkan bahwa nilai
kemampuan menghafal al-Qur‟an peserta didik pada pretest adalah 57,07 dan nilai
rata-rata posttest adalah 73,07.
Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t (Independent sampel test)
dengan membandingkan masing-masing nilai posttest dengan nilai sign (2- tailed)
sebesar 0,001 < 0,05 artinya terdapat perbedaan kemampuan menghafal al-Qur‟an
peserta didik yang menerapkan metode pembelajaran Card Sort dan yang tidak
menerapkan metode pembelajaran Card Sort, dan metode pembelajaran Card Sort
dapat meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur‟an pada mata pelajaran al-Qur‟an
hadits di MAN 2 Bone.
Tidak tersedia versi lain