Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN
PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
DI MAN 2 BONE
Penanda Bagikan

Text

TESIS: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN 2 BONE

A. KASNITA SARTIKA DEWI - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort dalam
Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Qur‟an pada Mata Pelajaran al-Qur‟an
Hadits di MAN 2 Bone. Tujuan dalam penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan
penerapan metode pembelajaran Card Sort dalam meningkatkan kemampuan
menghafal ayat al-Qur‟an pada mata pelajaran al-Qur‟an Hadits di MAN 2 Bone, (2)
Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran konvensional dalam
meningkatkan kemampuan menghafal ayat al-Qur‟an pada mata pelajaran al-Qur‟an
Hadits di MAN 2 Bone, (3) Untuk menganalisis perbedaan kemampuan menghafal
ayat al-Qur‟an pada peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran
Card Sort dengan menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran al-Qur‟an
Hadits di MAN 2 Bone.
Variabel yang diteliti adalah Metode Pembelajaran Card Sort dan
Kemampuan Menghafal al-Qur‟an dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen
dengan desain Quasi Eksperimental dengan rancangan penelitian Non Equivalent
Control Group Desaign. Populasi penelitian peserta didik kelas XI MAN 2 Bone
dengan sampel yang diambil adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 yang berjumlah
15 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 15 orang
sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
dan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menghafal al-Qur‟an
peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran Card
Sort nilai rata-rata pretest adalah 59,80 dan nilai rata-rata posttest adalah 83,60 yang
artinya mengalami peningkatan. Selanjutnya, hasil penelitian pada kelas kontrol yang
tidak menerapkan metode pembelajaran Card Sort menunjukkan bahwa nilai
kemampuan menghafal al-Qur‟an peserta didik pada pretest adalah 57,07 dan nilai
rata-rata posttest adalah 73,07.
Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t (Independent sampel test)
dengan membandingkan masing-masing nilai posttest dengan nilai sign (2- tailed)
sebesar 0,001 < 0,05 artinya terdapat perbedaan kemampuan menghafal al-Qur‟an
peserta didik yang menerapkan metode pembelajaran Card Sort dan yang tidak
menerapkan metode pembelajaran Card Sort, dan metode pembelajaran Card Sort
dapat meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur‟an pada mata pelajaran al-Qur‟an
hadits di MAN 2 Bone.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi 371
80200220060
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?