Text
TESIS: PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 012 KANANG POLEWALI MANDAR
Penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini bertujuan untuk
mengetahui dan enghasilkan produk dalam bentuk media pembelajaran
powerpoint berbasis konstruktivisme yang dapat meningkatkan kemampuan baca
al-Qur’an peserta didik di kelas V SD Negeri 012 Kanang Polewali Mandar,
mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran berbasis konstruktivisme
dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bacaan al-Qur’an di kelas V
SD Negeri 012 Kanang, mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran
powerpoint berbasis konstruktivisme dalam meningkatkan kemampuan peserta
didik dalam bacaan al-Qur’an di kelas V SD Negeri 012 Kanang, dan mengetahui
keefektifan penggunaan media pembelajaran powerpoint berbasis
konstruktifisme dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bacaaan
al-Qur’an di kelas V SD Negeri 012 Kanang.
Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan menggunakan model
ADDIE memiliki lima tahapan sesuai namanya yaitu Analisis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Semua tahapan tersebut
digunakan dalam proses menghasilkan sebuah produk yang layak, praktis, dan
efektif untuk digunakan. Model desain pengembangan ini sifatnya lebih umum
sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk pengembangan produk
seperti metode pembelajaran, media pembelajaran dan bahan ajar
Hasil dari uji coba skala besar melahirkan kesimpulan berupa kelayakan
media powerpoint yang dikembangkan setelah melalui penilaian dari keempat
validator yang terdiri dari dua validator ahli materi dan dua validator ahli media
dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran, Kepraktisan
media powerpoint yang dikembangkan setelah menerima respon dari peserta
didik sebagai pengguna yang mengoperasikan media yang dikembangkan dalam
pembelajarannya dinyatakan sangat praktis untuk digunakan, dan keefektifan
media powerpoint yang dikembangkan setelah menganalisis dan mengevaluasi
lembar check list dan deskripsi yang menjelaskan kemampuan membaca alQur’an peserta didik sesuai indikator penilaian yang telah ditentukan dalam
penilaian hasil pre test dan post test dinyatakan sangat efektif dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan materi surah al-Ti>n.
Kata Kunci: Pengembangan, Powerpoint, Al-Qur’an, Konstruktivisme
Tidak tersedia versi lain