Text
TESIS: KOMPETENSI GURU DALAM PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM 2013 DI SDN 043 KEBUNDALAM KECAMATAN WONOMULYO
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kompetensi guru di
SDN 043 Kebundalam, 2) untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter
peserta didik di SDN 043 Kebundalam, dan 3) untuk mendeskripsikan faktor
penghambat dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SDN 043
Kebundalam.
Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif deskriptif dengan pendekatan
pedagogik, sosiologis, dan psikologis. Sumber data penelitian ini adalah dokumen dari
sekolah yaitu Buku Kurikulum SDN 043 Kebundalam Tahun Ajaran 2020/2021,
Kepala Sekolah, guru dan staf SDN 043 Kebundalam. Pengumpulan data penelitian ini
menggunakan metode observasi yang peneliti turun langsung ke lapangan untuk
mencari dan melihat fenomena-fenomena yang terjadi, wawancara dengan Kepala
Sekolah, guru, staf, dan peserta didik terkait hal-hal yang menunjang hasi penelitian,
dan dokumentasi yang didapatkan dari hasil foto dan dokumen yang berkaitan dengan
penelitian diambil saat berada di lapangan. Selanjutnya teknik pengolahan dan analisis
data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu: reduksi data dengan memilih dan
mengelompokkan data yang disesuaikan dengan tujuan penelitian agar mudah untuk
disajikan, penyajian data dengan mengumpulkan dan menyatukan data yang diperoleh
lalu dibuatkan rangkuman agar mudah untuk dipahami, dan verifikasi data yang
dilakukan dengan cara menguraikan kesimpulan berdasarkan data yang telah diperoleh
dan mampu menjawab permasalahan dalam penelitian. Pengujian keabsahan data
dalam penelitian ini kredibilitas dengan teknik triangulasi dengan melakukan
pengecekan kembali terhadap data yang diperoleh..
Hasi penelitian ini menujukkan: kompetensi guru di SDN 043 Kebundalam
belum sepenuhnya merata karena berdasarkan hasil penilaian Kepala Sekolah
menunjukkan bahwa terdapat guru dengan kompetensi pedagogik dan kompetensi
profesional yang masih terbilang kurang. Sedangkan kompetensi kepribadian dan
sosial guru telah dimiliki oleh guru di SDN 043 Kebundalam. Dan dengan kompetensi
kepribadian dan sosial yang baik dimiliki oleh guru maka guru tersebut juga mampu
menjadi teladan yang dicontoh oleh peserta didik untuk dapat menciptakan karakter
yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Kompetensi guru dalam menerapkan
kurikulum 2013 di SDN 043 Kebundalam juga mampu diterapkan dengan baik oleh
salah satu guru dengan berdasarkan pada hasil penilaian yang diperoleh dari Kepala
Sekolah. Penerapan penguatan karakter di SDN 043 Kebundalam sesuai dengan hasil
wawancara dan fenomena yang terjadi di lapangan, maka karakter yang terbentuk pada
peserta didik berdasarkan nilai-nilai karakter Pancasila ada tiga yaitu religius, disiplin,
dan peduli sosial. Ketiga nilai karakter yang terbentuk pada peserta didik terdapat
karakter disiplin masih kurang dan perlu dilakukan penguatan ulang agar dapat
merubah kebiasaan kurang disiplin peserta didik menjadi disiplin. Untuk sikap religius dan peduli sosial telah mampu diterapkan oleh guru dengan melakukan pembiasaanpembiasaan serta guru yang mampu menjadi contoh langsung bagi peserta didik. Faktor
penghambat dalam penguatan pendidikan karakter berasal dari peserta didik itu sendiri
dan kesadaran orang tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapa
kurikulum 2013 adalah faktor dari guru itu sendiri dan dukungan dari sekolah.
Implikasi dalam penelitian ini adalah: Kepala Sekolah SDN 043 Kebundalam
agar kiranya mempertahankan kompetensi guru yang telah mendapatkan nilai
maksimal dan untuk kompetensi yang belum maksimal sekiranya diberikan perhatian
yang khusus agar dapat memperbaiki kompetensi yang belum maksimal. Guru sebagai
pelaksana penerapan penguatan pendidikan karakter pada kurikulum untuk lebih
melakukan pembinaan pada nilai karakter disiplin peserta didik. Karena berdasarkan
pada karakter yang terbentuk pada peserta didik yang masih kurang adalah nilai
disiplinnya. Orang tua atau wali peserta didik sekiranya mampu membantu tugas guru
dalam menciptakan karakter yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dengan cara
menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik pada peserta didik saat berada di lingkungan
rumah.
Tidak tersedia versi lain