Text
DISERTASI: PENGARUH SELF-EFFICACY, SELF REGULATED LEARNING MELALUI GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR HADIS MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis dan mempelajari beberapa hal
yaitu: (1) Deskripsi self-efficacy mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas
Muhammadiyah Kendari; (2) Deskripsi self-regulated learning mahasiswa Fakultas
Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Kendari; (3) Deskripsi gaya kognitif
mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Kendari;(4)
Deskripsi hasil belajar hadis mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas
Muhammadiyah Kendari; (5) Pengaruh signifikan self-efficacy terhadap self-regulated
learning mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Kendari;
(6) Pengaruh signifikan self-efficacy baik secara langsung maupun tidak langsung
terhadap gaya kognitif mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas
Muhammadiyah Kendari; (7) Pengaruh signifikan self-regulated learning terhadap
gaya kognitif mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah
Kendari; (8) Pengaruh signifikan gaya kognitif terhadap hasil belajar hadis
mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Kendari; (9)
Pengaruh signifikan self-efficacy baik secara langsung maupun melalui gaya kognitif
terhadap hasil hasil belajar hadis mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas
Muhammadiyah Kendari; (10) Pengaruh signifikan self-regulated learning baik
secara langsung maupun melalui gaya kognitif terhadap hasil belajar hadis mahasiswa
Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammdiyah Kendari. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sumber data penelitian adalah
mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UMK. Selanjutnya, metode
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Kemudian
teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis
inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Deskripsi self-efficacy
mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Kendari berada
pada kategori sedang dengan nilai rata-rata = 132,52,; (2) Deskripsi self-regulated
learning mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Kendari
berada pada kategori sedang nilai rata-rata = 149,92; (3) Deskripsi gaya kognitif
mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Kendari terdiri dari
gaya kognitif reflektif yang terdiri 31 orang dan gaya kognitif implusif sebanyk 41
orang; (4) Deskripsi hasil belajar hadis mahasiswa Fakultas Agama Islam di
Universitas Muhammadiyah Kendari berada pada kategori sedang dengan rata-rata
79,08; (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan self-efficacy terhadap selfregulated learning mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah
Kendari;(6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan self-efficacy baik secara
langsung maupun tidak langsung terhadap gaya kognitif mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Kendari; (7) Terdapat pengaruh signifikan selfregulated learning terhadap gaya kognitif mahasiswa Fakultas Agama Islam di
Universitas Muhammadiyah Kendari; (8) Terdapat pengaruh signifikan gaya kognitif
terhadap hasil belajar hadis mahasiswa Fakultas Agama Islam di Universitas
Muhammadiyah Kendari; (9) Terdapat pengaruh signifikan self-efficacy baik secara
langsung maupun melalui gaya kognitif terhadap hasil hasil belajar hadis mahasiswa
Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Kendari; (10) Terdapat
pengaruh signifikan self-regulated learning baik secara langsung maupun melalui
gaya kognitif terhadap hasil belajar hadis mahasiswa Fakultas Agama Islam di
Universitas Muhammdiyah Kendari. Implikasi penelitian terdiri dari implikasi teoretis
dan implikasi praktis. Secara teoritis bahwa kekhawatiran atau perasaan sulit, rasa
malas dan rasa tidak mampu ketika ingin belajar dapat dimodifikasi dengan cara
membangun rasa percaya diri, rasa ingin tahu, kemauan untuk belajar dan
meningkatkan keterampilan melalui latihan-latihan secara kontinyu. Sedangkan secara
praktis menunjukkan bahwa adanya pengaruh variabel self-efficacy, self-regulated
learning, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui gaya kognitif terhadap
hasil belajar hadis mahasiswa FAI UMK.
Kata Kunci: Self-Efficacy, Self Regulated Learning, Gaya Kognitif, Hasil Belajar
Hadis.
Tidak tersedia versi lain