Text
DISERTASI: PELAKSANAAN MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 4 KABUPATEN BONE
Disertasi ini mengkaji tentang pelaksanaan manajemen mutu terpadu pendidikan Islam dengan pokok masalah: (1) Bagaimana gambaran manajemen mutu
terpadu pendidikan Islam di MAN 4 Kabupaten Bone (2) Bagaimana pola
pelaksanaan manajemen mutu terpadu dalam peningkatan mutu pendidikan Islam
di MAN 4 Kabupaten Bone (3) Bagaimana prospek pengembangan manajemen
mutu terpadu di MAN 4 Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif
dengan menggunakan pendekatan multidisipliner meliputi: fenomenologi, pedagogis, psikologis, dan sosiologis. Sumber informasi utama adalah pimpinan madrasah, tenaga pengajar, tata usaha, dan peserta didik. Data sekunder diperoleh dari
komite madrasah dan masyarakat atau orang tua peserta didik. Data dikumpulkan
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis
dengan cara mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menemukan bahwa MAN 4 Kabupaten Bone telah
melaksanakan manajemen mutu yang meliputi fokus kepada pelanggan dalam
peningkatan terhadap kualitas, keterlibatan total atau kerja sama dalam team work,
pengukuran, komitmen dan perbaikan yang berkelanjutan. Pelaksanaan manajemen mutu terpadu pendidikan Islam di MAN 4 Kabuapaten Bone telah berjalan
dengan mengacu pada standar nasional pendidikan yang disesuaikan dengan target pencapaian pada visi, misi yang hendak dicapai oleh MAN 4 Kabupaten Bone.
Dalam mencapai mutu pendidikan, kepala madrasah menerapkan pola manajemen
partisipatif dan pola komunikasi organisasi yang fleksibel. Selanjutnya, MAN 4
Kabupaten Bone memiliki prospek yang cerah karena memiliki beberapa objek
yang potensial untuk mendukung ke arah itu, seperti konsistensi terhadap pola
manajemen, ketersediaan tenaga pendidik dan kependidikan yang memadai, kebijakan kepala madrasah yang berpihak pada pengembangan potensi pendidik,
seleksi penerimaan peserta didik baru dan evaluasi pembelajaran yang ketat, kebijakan terhadap pelaksanaan program ekstrakurikuler serta kebijakan
penggunaan sumber belajar yang beragam.
Implikasi Penelitian, mutu pendidikan Islam merupakan isu yang tidak
pernah usang untuk diteliti dan dibahas. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa
gerakan mutu selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan sulit. Namun, MAN 4 Kabupaten Bone harus tetap konsisten dalam pengelolaan pendidikan berbasis manajemen mutu terpadu untuk mencapai mutu Pendidikan Islam. Apalagi dengan
adanya kurikulum merdeka, mutu pendidikan juga diarahkan dengan terbentuknya
peserta didik yang berkarakter.
Tidak tersedia versi lain