Text
TESIS: PENGARUH PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VI UPT SPF SDN SANGIR KOTA MAKASSAR
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan penguatan
pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas
VI di UPT SPF SDN Sangir Kota Makassar, 2) untuk mendeskripsikan sikap sosial
peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VI di UPT SPF SDN
Sangir Kota Makassar, 3) untuk menganalisis pengaruh penerapan penguatan
pendidikan karakter terhadap sikap sosial peserta didik pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam kelas VI di UPT SPF SDN Sangir Kota Makassar.
Jenis Penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan
pedagogik. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang diperoleh
menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh. Jumlah
sampel pada kelas VI berjumlah 55 siswa. Untuk mengumpulkan data menggunakan
instrumen angket penguatan pendidikan karakter dan angket sikap sosial peserta
didik. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif dan
analisis regresi linear sederhana atau menggunakan uji t.
Hasil analisis deskriptif pada variabel penguatan pendidikan karakter
menunjukkan bahwa aspek religius aspek religius memperoleh nilai rata-rata sebesar
3,625 yang artinya kategori sangat baik, aspek nasionalis memperoleh nilai rata-rata
sebesar 3,6 yang artinya kategori sangat baik, aspek mandiri memperoleh nilai ratarata sebesar 3,443 yang artinya kategori sangat baik, aspek gotong royong
memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6 yang artinya kategori sangat baik, dan aspek
integritas memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6 yang artinya kategori sangat baik.
Hasil analisis deskriptif pada variabel sikap sosial menunjukkan bahwa aspek jujur
memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,5 yang artinya kategori sangat baik, aspek
disiplin memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,625 yang artinya kategori sangat baik,
aspek tanggung jawab memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,525 yang artinya kategori
sangat baik, aspek santun memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,613 yang artinya
kategori sangat baik, aspek percaya diri memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,45 yang
artinya kategori sangat baik dan aspek peduli memperoleh nilai rata-rata sebesar
3,788 yang artinya kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tabel coefficient dengan persamaan
regresi Y = 40,683 + 1,033X. Dengan nilai konstanta (α) sebesar 40,683 yang artinya
jika tidak ada penerapan penguatan pendidikan karakter maka sikap sosial akan
konstan sebesar 40,683 dan nilai koefisien regresi B untuk variabel penguatan
pendidikan karakter yaitu 1,033 yang artinya setiap penambahan 1 satuan tingkat
penguatan pendidikan karakter, maka sikap sosial akan bertambah sebesar 1,033
satuan. Hasil analisis juga diperoleh nilai Sig. 0,00 dan nilai t-hitung sebesar 10,799
sedangkan untuk nilai t-tabel diketahui sebesar 2,006 menggunakan tabel distribusi t
pada kolom α untuk two tail test. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,00 < 0,05 dan nilai t-hitung 10,799 > 2,006 yang artinya penguatan pendidikan karakter
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap sosial peserta didik, sedangkan
nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,688 atau 68,8% Jadi dapat
disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak, dan Ha diterima.
Tidak tersedia versi lain