Text
TESIS: PENGARUH SUKU, MARGA DAN AGAMA TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PASAR MARDIKA KOTA AMBON
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dari variabel
suku, marga, agama, dan harga terhadap minat beli serta untuk mengetahui
hubungan secara tidak langsung variabel suku, marga, dan agama terhadap
variabel minat beli melalui harga pada pasar Mardika kota Ambon.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, adapun sumber data yang diperoleh dari
data primer yang bersumber dari pembagian kuesioner kepada seluruh responden
yang merupakan sampel dalam penelitian ini. Dimana sampel yang diambil dari
populasi adalah sebanyak 160 orang dan teknik pengolahan data yang digunakan
adalah Structural Equation Model (SEM), dimana analisis data yang digunakan
adalah analisis outer model, analisis inner model, dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa suku berpengaruh positif signifikan
terhadap minat beli. Marga berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli.
Agama berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Harga berpengaruh
positif signifikan terhadap minat beli. Suku berpengaruh positif tidak signifikan
terhadap harga. Marga berpengaruh positif signifikan terhadap harga. Agama
berpengaruh positif tidak signifikan terhadap harga. Suku berpengaruh positif
tidak signifikan terhadap minat beli melalui harga. Marga berpengaruh positif
signifikan terhadap minat beli melalui harga. Agama berpengaruh positif tidak
signifikan terhadap minat beli melalui harga
Implikasi penelitian ini terbagi menjadi dua bagian yaitu implikasi secara
teoritis dan implikasi secara praktis: pertama, implikasi teoritis yaitu untuk
meningkatkan minat beli masyarakat saat melakukan transaksi muamalah di pasar
Mardika kota Ambon dapat menggunakan variabel seperti suku, marga, agama,
dan harga. Kedua, implikasi praktis yaitu penelitian ini dapat dijadikan sebagai
masukan dan pembelajaran untuk seluruh masyarakat terkhusus pembeli dan
penjual di pasar Mardika kota Ambon untuk memudahkan dan mendapatkan
keuntungan dalam melakukan transaksi muamalahnya.
Kata Kunci: Suku, Marga, Agama, Harga, Minat Beli, Ekonomi Syariah
Tidak tersedia versi lain