Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS DARING PADA PESERTA DIDIK MTS NEGERI MANOKWARI PAPUA BARAT


Pokok masalah dalam penelitian ini adalah untuk mendeskrepsikan
bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan Islam berbasis daring
pada peserta didik MTs Negeri Manokwari Papua Barat. Selanjutnya dipetakan
dalam beberapa sub masalah, diataranya : 1) Bagaimana proses pelaksanaan
pembelajaran Pendidikan Islam berbasis daring peserta didik pada MTs Negeri
Manokwari? 2) Bagaimana upaya guru dalam pelakasanaan pembelajaran
pendidikan Islam berbasis daring peserta didik pada MTs Negeri Manokwari? 3)
Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat pelakasanaan pembelajaran
pendidikan Islam berbasis daring peserta didik pada MTs Negeri Manokwari? 4)
Bagaimana hasil pelaksanaan pembelajaran pendidikan Islam berbasis daring
peserta didik pada MTs Negeri Manokwari?
Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan desain
penelitian pendekatan kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah Kepala
Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bagian Kurikulum, guru-guru pendidikan
Islam dan peserta didik itu sendiri. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, teknik
pengolahan dan analisis data yang dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu :
redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran pendidikan
Islam berbasis daring pada peserta didik MTs Negeri Manokwari Papua Barat
telah berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Upaya yang dilakukan oleh
guru-guru pendidikan Islam dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan Zoom
Aplication, Whatsapp Messengnger Aplication yang dipadukan antara daring dan
luring. Ketersedianya sarana dan prasarana pembelajaran daring telah disiapkan
oleh madrasah. Proses Pelaksanaan pembelajaran pendidikan Islam berbasis
daring di MTs Negeri Manokwari telah memberikan hasil yang baik dalam
penilaian pembelajaran.
Implikasi dari penelitian ini adalah : 1) Berdasar kepada Surat Edaran
Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan Nomor 15 Tahun 2020. 2) Proses
Pelaksanaan pembelajaran pendidikan Islam berbasis daring pada MTs Negeri
Manokwari telah berjalan sebagaimana mestinya dengan jadwal pembelajaran
yang telah tersusun rapi, dan dengan fasilitas sarana dan prasarana dari madrasah
yang sangat memadai. 3) Pembelajaran pendidikan Islam berbasis daring di MTs
Negeri Manokwari telah menjadi satu temuan dalam pelaksanaan metode
pembelajaran bagi peserta didik
MABRUR HAMZAH - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2021
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...