Detail Cantuman Kembali

XML

Disertasi : PERAN PONDOK PESANTREN AS’ADIYAH SENGKANG DALAM MENJAGA EKSISTENSI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (Telaah Atas Maqa>s}id al-Syari’ah)


Disertasi ini membahas tentang Peran Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang Dalam Menjaga Eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (Telaah Atas Maqa>s}id al-Syari>’ah), Pokok masalah dalam disertasi ini adalah: Bagaimana peran Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang dalam menjaga eksistensi negara berdasarkan telaah maqa>s}id al-syari>’ah? Sedangkan sub masalah dalam disertasi ini adalah: (1). Bagaimana landasan konseptual bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut perspektif Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang berdasarkan telaah maqa>s}id al-syari>’ah? (2) Bagaimana relasi agama dan negara dalam perspektif Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang berdasarkan telaah maqa>s}id al-syari>’ah? (3) Bagaimana bentuk perlindungan Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang terhadap negara berdasarkan telaah maqa>s}id al-syari>’ah? .Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk menjelaskan landasan konseptual bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut perspektif Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang dan menganalisisnya berdasarkan telaah maqa>s}id al-syari>’ah. (2). Untuk menjelaskan relasi agama dan negara dalam perspektif Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang dan menganalisisnya berdasarkan telaah maqa>s}id al-syari>’ah. (3) Untuk menjelaskan bentuk perlindungan Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang terhadap negara dan menganalisisnya berdasarkan telaah maqa>s}id al-syari>’ah.
Metode penelitian pada disertasi ini adalah kualitatif deskriptif, kemudian lokasi penelitian di Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang Kabupaten Wajo, adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan antropologi, pendekatan normatif, pendekatan yuridis dan pendekatan historis serta pendekatan maslahah adapun metode dalam mengumpulkan data adalah wawancara mendalam, observasi non partisipasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian pedoman wawancara dan pedoman observasi, setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan dan pengujian keabsahan data melalui kredibilitas, defendabilitas, konfirmabilitas dan transperebilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Landasan konseptual bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut perspektif Pondok Pesantren As’adiyah adalah bersifat substansial untuk bentuk sebuah negara. Pondok Pesantren As’adiyah tidak mencita-citakan untuk tegaknya negara khilafah dan negara Islam di Indonesia. Negara yang ideal adalah negara yang menjaga prinsip keadilan, kebebasan, persamaan dan tanggung jawab. Landasan konseptual Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dicita-citakan oleh Pondok Pesantren As’adiyah bukan pada bentuk negara tersebut, melainkan pada kemampuan suatu negara menjaga prinsip keadilan, prinsip persamaan, prinsip kebebasan dan prinsip musyawarah yang merupakan nilai-nilai maqa>s}id al-syari>’ah pada suatu sistem ketatanegaraan, 2) Relasi agama dan negara dalam perspektif Pondok Pesantren As’adiyah adalah bersifat simbiotik mutualistik. Agama dan negara tidaklah terpisahkan, keduanya saling membutuhkan. Agama membutuhkan negara untuk mendapatkan fasilitas dan bantuan serta formalitas kegiatan sedangkan negara membutuhkan agama untuk menanamkan nilai-nilai agama dalam kehidupan berbangsa dan
xx
bernegara. Relasi agama dan negara yang dipahami oleh Pondok Pesantren As’adiyah sejalan dengan tujuan utama syariat Islam yang sangat memperhatikan kemaslahatan ummat manusia di dunia (negara) dan di akhirat (agama), dan 3) Bentuk perlindungan Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang terhadap negara melalui bentuk struktural dan kultural. Secara struktural, warga dan alumni Pondok Pesantren As’adiyah terlibat langsung dalam pemerintahan dan organisasi sosial kemasyarakatan. Secara kultural, Pondok Pesantren As’adiyah memperkuat prinsip kenegaraan dalam misi pendidikan dan dakwahnya. Bentuk perlindungan terhadap eksistensi negara (h}ifz} al-daulah) yang dilakukan oleh Pondok Pesantren As’adiyah berdasarkan pada prinsip kemaslahatan ummat dan sejalan dengan nilai-nilai maqa>s}id al-syari>’ah.
Implikasi penelitian ini adalah untuk menambah khazanah pengetahuan Islam dan khususnya disiplin ilmu siya>sah syar’iyyah dalam kajian klasik maupun kontemporer. Penelitian ini dikaji untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang posisi negara dan relasi agama dan negara dalam kajian fiqh Islam serta posisi dan landasan h}ifz} al-daulah sebagai gagasan baru maqa>s}id al-syari>’ah.
Tarmizi - Personal Name
370
370
Text
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...