Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Sejarah Awal Masuknya Islam di Dana Mbojo(Bima) sampai berdirinyaKesultanan BimaAbad XVII M (Tinjauan Historis)


Penelitian bertujuan untuk merekontruksi sejarah awal masuknya Islam di Dana Mbojo (Bima) sampai berdirinya Kesultanan Bima Abad XVII M (Tinjauan Historis), dalam rumusan masalah yakni: 1) Bagaimana kondisi daerah Mbojo (Bima) Pra Islam?.2) Bagaimana awal masuknya Islam di Dana Mbojo (Bima)?.3) Bagaiaman proses berdirinya kesultanan Bima?.
Penelitian menggunakan metode sejarah. Untuk mengungkapkan fakta sejarah, penelitian dilaksanakan di Dana Mbojo (Bima) Nusa Tenggara Barat dengan menggunakan beberapa pendekatan: pendekatan historis, antropologi dan sosiologi. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Penelitian juga menggunaka studi kepustakaan (library research) melalui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari BO‟ Sangaji Kai, dokumen dan peninggalan lain yang otentik, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, Jurnal, artikel, skripsi dan tesis. Adapun data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis secara mendalam.
Hasil penelitian menunjukan bahwa:a)Kondisi daerah Bima sebelum hadirnya Islam. Masih diselimuti oleh kepercayaan MakakambadanMakakimbiserta agama Hindu.Dalam politik pemerintah Bima pernah berlaku sistem pemerintahan yang dipimpin oleh Naka, Ncuhi dan Kerajaan. b) Sejarah awal masuknya Islam di Dana Mbojo (Bima) terjadi dalam tiga tahap yakni:1) Terjadinya kontak pertama dengan para pedagang dari Demak. 2) Perantauan dilakukan oleh para pedagang pribumi sehingga sampai ke Ternate dan Tidore. 3) Kedatangan empat utusan dari kerajaan Gowa dan sampai kepelabuhan Sape dan mengislamkan masyarakat setempat. c) Peran ulama dan sultan dalam membangun eksistensi Islam di Bima sangatlah besar sehingga meninggalkan bukti dan jejak sejarah seperti Temba Romba bersejarah, Masjid La Kai di Kamina dan langgar kuno di Desa Melayu.
Impliksi dalam penelitian ini, terdapat banyak kekurangan, disebabkan sedikitnya data yang penulis dapatkan.kitabBO’ SangajiKai hanya menguraikan secara umum tentang sejarah Bima dan menggunakan bahasa Melayu. Untuk menyingkapi hal demikian data-data yang didapatkan melalui sumber lisah (oral historis).Temba Romba dan masjid Kamina merupakan bukti peninggalan sejarah kehadiran Islam di Bima.maka sangat diharapkan peran pemerintah dalam menjaga dan mengurus (melestarikan) situ-situ sejarah tersebut demi kepentingan masyarakat umum. Karena daerah yang besar adalah daerah yang mampu menghargai warisan leluhurnya.
Saidin Hamzah - Personal Name
2X9
2X9
Text
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...