Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: PEMBELAJARAN ILMU-ILMU BAHASA ARAB DALAM PENCAPAIAN KEMAHIRAN BERBAHASA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB STAIN PALU


Pokok masalah dalam penelitian ini, adalah bagaimana pembelajaran ilmu-ilmu bahasa Arab pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Palu. Pokok masalah tersebut diuraikan secara terperinci ke dalam beberapa submasalah atau pertanyaan, yaitu: Pertama: Bagaimana teknik-teknik pembelajaran ilmu-ilmu bahasa Arab pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Palu. Kedua: Bagaimana pencapaian kemahiran berbahasa pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Palu. Ketiga: Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat pembelajaran ilmu-ilmu bahasa Arab pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Palu.

Jenis penelitian ini tergolong kualitatif, tempat penelitian, adalah STAIN Palu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pedagogis, linguistik, dan sosiologis. Sumber data diterima dari dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Jenis data primer diterima dari dosen-dosen pembina mata kuliah ilmu-ilmu bahasa Arab dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Jenis data sekunder diolah dari dokumen-dokumen tentang pembelajaran ilmu-ilmu bahasa Arab pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Palu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumenter, serta metode penelusuran referensi melalui buku-buku dan internet. Selanjutnya, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik-teknik pembelajaran ilmu-ilmu bahasa Arab pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Palu yang dilakukan oleh dosen-dosen pembina mata kuliah tersebut, adalah dosen membacakan kaidah-kaidah materi pokok pembahasan, memberikan penjelasan dan contoh-contoh, serta memberikan latihan-latihan, untuk mata kuliah al-Nahw, al-Sarf, dan al-Balāgah. Untuk mata kuliah al-Muhādasah, dosen membacakan materi dialog menurut makhārij al-hurūf dan intonasi yang benar, sementara mahasiswa meniymak dengan penuh perhatian, selanjutnya dosen memberikan makna mufradāt, mencontohkan mufradāt tersebut ke dalam beberapa kalimat yang sempurna, menjelaskan isi kandungan dialog, menerjemahkan, dan meminta mahasiswa mempraktekkan materi dialog di depan kelas secara bergantian.
Untuk mata kuliah al-Insyā’, dosen memberikan beberapa contoh kalimat, selanjutnya dosen menunjukkan kata-kata tertentu untuk kemudian disempurnakan oleh mahasiswa, cara seperti ini lazimnya disebut al-Insyā’ al-Muwajjah, selain itu dosen juga memberikan al-Insyā’ al-Hurr dalam bentuk yang sangat sederhana. Terakhir, adalah mata kuliah Qawā‘id al-Imlā’, cara yang dilakukan oleh dosen dalam mata kuliah ini, adalah pertama menyampaikan kaidah-kaidah materi pokok pembahasan, memberikan penjelasan tentang kaidah-kaidah tersebut, kemudian memita mahasiswa menyalin bacaan-bacaan. Bentuk-bentuk latihan yang disusun oleh dosen, adalah memilih jawaban, mencocokkan, menjawab singkat, menyusun kalimat, merubah kata-kata, menyebutkan sinonim atau antonim, dan menerjemahkan.

Pencapaian kemahiran berbahasa pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Palu, menunjukkan bahwa ketercapaian kemahiran berbahasa mencapai tiga predikat, yaitu Amat Baik, Baik, dan Sedang. Selanjutnya, faktor-faktor yang menunjang pembelajaran adalah keberadaan Pusat Bahasa (PB) dan Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) dengan berbagai kegiatannya dan jumlah dosen ilmu-ilmu bahasa Arab yang mencukupi. Faktor penghambat, adalah keterbatasan literatur ilmu-ilmu bahasa Arab di perpustakaan dan lemahnya dasar-dasar pengetahuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab tentang ilmu-ilmu bahasa Arab. Solusi yang ditempuh oleh STAIN Palu, adalah melakukan penyaringan calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab secara objektif dan pengefektifan dosen-dosen penasehat akademik mahasiswa Program Studi Pendidkan Bahasa Arab STAIN Palu.

Implikasi dari penelitian ini, adalah keikutsertaan komponen-komponen pembelajaran tidak dapat dikesampingkan dalam rangka mewujudkan tujuan pembelajaran ilmu-ilmu bahasa Arab. Dosen-dosen ilmu-ilmu bahasa Arab diharapkan memberikan perkuliahan dengan cara-cara yang inovatif, mahasiswa diharapkan melakukan latihan-latihan yang sungguh-sungguh, dan para pemegang kepemimpinan di STAIN Palu diharapkan memberikan dukungan, baik materiil maupun non-materiil.

MUH. JABIR - Personal Name
492 MUH p
492
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...